Sabtu, 08 Agustus 2009

‘Aisyiyah Luncurkan Program “Community Tubercolosis”

Jakarta – ‘Aisyiyah sebagai perwakilan komponen Civil Society di Indonesia yang terpilih oleh Global Fund sebagai Principal Recipient(PR), Jum’at (7/08/2009) meluncurkan Impelmentasi Program “Community TB Care” PR GF-ATM ‘Aisyiyah & Sosialisasi Pedoman Implementasi Proyek. Pada acara yang dihadiri oleh Olivier Cavey, Manajer Portfolio Global Fund wilayah Asia Tenggara, tersebut bertempat di Aula Gedung Pusat Dakwah Muhammadiyah, Jl Menteng Raya 62 Jakarta.
Menurut Nurrohmah Pratiknya, mewakili PR TB ‘Aisyiyah, dalam sambutannya, terpilihnya ‘Aisyiyah ini setelah pengajuan proposal yang dilakukan hingga 3 bulan. “Kami sangat berterimakasih atas bantuan segala pihak dalam penyusunan proposal ini” terang Nurrohmah kemudian. “

Menurut Nurrohmah, program ini nantinya akan lebih banyak bergerak dalam mensosialisasikan hak pasien.” Karena ‘Asiyiyah adalah organisasi perempuan, maka program ini juga meningkatkan peran perempuan dalam penanggulangan Tubercolosis . “Prespektif jender Perempuan lebih berperan dalam penanggulangan TB” terangnya. Ruang lingkup program ini meningkatkan peran unit pelayanan kesehatan non pemerintah, baik swasta maupun milik masyarakat.
Turut memberi sambutan dalam acara ini, Ketua PP Aisyiyah, dr. Atikah Zaki, MARS, Ketua PP Muhammadiyah dr. Sudibyo Markus, MBA , Manajer Portfolio Global Fund wilayah Asia Tenggara Oliver Cavey dan CCM Indonesia Dr. Arum Atmawikarta, MPH.
Untuk pelaksanaannya, PR TB ‘Aisyiyah akan berkerjasama dengan Sub Recipient (SR) yang tersebar dalam 16 Propinsi di Indonesia. Sub Recipient yang terdiri dari Jaringan Wilayah ‘Aisyiyah, PB NU, PERDHAKI, PPTI, LPMI, YARSI, LKC, JKM, PKPU dan KMP Sidobinangun. (arif)