Kamis, 28 Agustus 2008

AISYIYAH SUMATERA UTARA TINGKATKAN PERAN SERTANYA DALAM MENNGKATKAN KUALITAS KESEHATAN


Pimpinan Wilayah Aisyiyah Sumatera Utara terus memantapkan kesertaannya dalam meningkatkan kualitas kesehatan dan kesejahteraan masyarakat. Upaya itu dilakukan dengan melakukan kerjasama antara PP Aisyiyah dengan lembaga donor MCC/IP (USAID) dalam memberikan pemahaman yang lebih luas kepada masyarakat diakar rumput tentang perlunya program imunisasi campak dan DPT-3.

Demikian disampaikan Ketua Majelis Kesehatan dan Lingkungan Hidup PW Aisyiyah Sumatera Utara Ir. Suryawati Hamzah MS dan Sekretaris Majelis MKLH Yuniar R. Yoga, Rabu (7/8) kepada pers di Medan. Jelas keduanya, program pelatihan advokasi, komunikasi dan manajemen pelayanan imunisasi bagi pimpinan Aisyiyah dan tenaga kesehatan yang berlangsung di Kerasaan, Kabupaten Simalungun, pekan lalu.

Hadir pada kegiatan itu, Pimpinan Pusat Aisyiyah Majelis MKLH Ismarwati Masyud A.Md. Keb., SKM yang menyematkan PIN Kesehatan kepada 5 perwakilan Cabang Aisyiyah dari Daerah Simalungun, masing-masing PCA Dolok Malela, PCA Kerasaan, PCA Pematang Bandar, PCA Serbelawan, PCA Perdagangan. Sedangkan dari unsur pemerintahan hadir mewakili Kadinkes Simalungun Marisi Hercules Tampubolon (Kepala Seksi Pencegahan & Pengamatan Penyakit).Pihak Dinkes Simalungun menyampaikan materi ” Kondisi objectif Imunisasi Campak dan DPT-3.

Sementara itu, Pimpinan Muhammad Daerah Simalungun Iskandar dalam sambutan pembukaan pelatihan bagi 25 orang pimpinan dan tenaga kesehatan itu mengatakan, Muhammadiyah/ Aisyiyah adalah gerakan yang selalu konsisten peduli kepada kehidupan masyarakat. Masalah kesehatan, adalah masalah yang harus menjadi perhatian serius. Kita membutuhkan masyarakat yang sehat dan sejahtera. Kata Iskandar, gerakan yang dilakukan Aisyiyah sudah benar. Diharapkan program Pimpinan Pusat sampai ke Pimpinan Ranting dapat dilakukan secara konsisten.

Kegiatan pelatihan bagi pimpinan dan tenaga kesehatan di Simlaungun ini merupakan program lanjutan kegiatan sebelumnya dalam upaya meningkatkan cakupan imunisasi Campak dan DPT-3 di Sumatera Utara. Sebeklumnya Aisyiyah telah melakukan pelatihan di 8 kabupaten di Sumatera Utara, yakni Langkat, Medan, Deli Serdang, Serdang Bedagai, Simalungun, Labuhan Batu, Asahan dan Tapanuli Selatan. (yuni)

Tidak ada komentar: