Kamis, 28 Agustus 2008

AISYIYAH SUMUT SOSIALISASIKAN KESADARAN IMUNISASI

Medan Bisnis -- Dalam rangka turut meningkatkan kualitas hidup masyarakat di masa mendatang, pimpinan Aisyiyah Sumut di berbagai tingkatan akan berperan aktif melakukan sosialisasi dan advokasi kesadaran masyarakat terhadap pentingnya imunisasi pada anak usia setahun.Pimpinan Wilayah (PW) Aisyiyah Sumut, Ir Suryawati MS dan Majelis Kesehatan dan Lingkungan Hidup (MKLH), Yuniar R Yoga, mengatakan hal itu kepada wartawan di Medan, Senin (10/9).

Untuk itu, sebanyak 32 orang pimpinan dan tenaga medis Aisyiyah Sumut telah mendapatkan pelatihan dari tim Pimpinan Pusat (PP) Aisyiyah Majelis MKLH dan MCCI/IP (USAID).Sebagai organisasi persyarikatan Muhammadiyah, papar Suryawati, Aisyiyah memiliki kelembagaan yang terstruktur dari pusat hingga ke ranting dengan jumlah anggota yang sangat banyak. Oleh karenanya, peran Aisyiyah sangat besar dalam usaha meningkatkan pemahaman masyarakat dan mendorong mereka mau secara rutin melakukan imunisasi bagi putra dan putrinya.

“Untuk itu, Aisyiyah memiliki lembaga pendidikan, layanan kesehatan seperti rumah sakit, poliklinik, balai pengobatan dan posyandu yang siap memberikan partisipasi aktifnya,” jelas Suryawati. Mengenai pelatihan dan advokasi, dia mengatakan, kegiatan yang diselenggarakan di Medan pada 5 dan 6 September itu diikuti unsur PW Aisyiyah Sumut juga Pimpinan Majelis Kesehatan dan Lingkungan Hidup Aisyiyah dari Labuhanbatu, Langkat, Deliserdang, Serdang Bedagai, Asahan, Simalungun, dan Medan.

Sedangkan para pelatih, dari PP Aisyiyah Ir Helvi Nurzaini, dr Pitut, Ratna Juwita Siregar, dan Ismarwati SKM. Dari PW Aisyiyah Sumut Dra Salmi Abbas MHum dan dari MCCI/IP (USAID) hadir Step Hen C Joseoh MD dan Dr Asmatullah Arab. Suryawati juga mejelaskan, beberapa waktu lalu Aisyiyah Sumut telah melaksanakan kegiatan milad (ulang tahun) ke-92.

Milad yang dipusatkan di Desa Halaban Gede, Besitang, Kabupaten Langkat, diisi berbagai kegiatan seperti gerak jalan, penanaman pohon penghijauan secara simbolis menandai gerakan penanaman 1.000 pohon, lomba pidato untuk anggota usia di atas 50 tahun, san khitan massal. Hadir di kesempatan itu, PP Muhammadiyah, DR Nazaruddin Rambe. (ysrat)

Tidak ada komentar: