Jumat, 15 Mei 2009

SUSUN SOP PENANGGULANGAN BENCANA, MDMC KUMPUL KADER RELAWAN

Yogyakarta – Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC) sebagai lembaga baru di Muhammadiyah terus menyusun perangkat gerakan, seperti Standard Operational Procedure (SOP). Hal berkaitan dengan upaya membentuk sistem dan prosedur penanggulangan bencana sebagai panduan semua elemen Muhammadiyah. Salah satu rangkaian upaya pembuatan SOP ini adalah diselenggarakannya Pra- Workshop SOP Kebencanaan yang diselenggarakan pada tanggal 10-11 Mei 2009 di Gedoeng Moehammadiyah, Jl KHA Dahlan 103 Yogyakarta.

Menurut Boy Matriyosa sebagai penanggungjawab acara, acara pra-workshop kali ini merupakan bagian dari rangkaian acara Workshop yang rencananya akan dilaksanakan pada tanggal 19-21 Mei 2009 si Yogyakarta. Acara Pra-Workshop sendiri sebelumnya juga telah diadakan di Jakarta pada tanggal 14-15 April 2009.


Pada acara Pra-Workshop kali ini mengundang kader-kader muda Muhammadiyah yang sebelumnya terlah menjadi relawan psikososial di Tsunami Aceh, Longsor Banjarnegara maupun Penanggulangan Gempa Bumi Yogyakarta. Selain relawan, acara yang bertujuan untuk mendapatkan pengalaman para pelaku penanggulangan bencana ini juga mengundang tim penanggulangan bencana bagian medis dari PKU Muhammadiyah Yogyakarta dan PKU Muhammadiyah Bantul. Hadir pula perwakilan dari Mahasiswa Pencinta Alam (MAPALA) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta dan Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta.

Proses diskusi difasilitasi oleh fasilitator dari Resource Management anda Development Consultant (REMDEC) dan dibantu oleh Hening Parlan dari Humanitarian Forum Indonesia (HFI) (arif)