Selasa, 25 November 2008

AISYIYAH GELAR SARASEHAN ULAMA DAN WORKSHOP TENAGA ADVOKASI IMUNISASI




Medan – Pimpinan Wilayah Aisyiyah (PWA) Majelis Kesehatan dan Lingkungan Hidup, Sumatera Utara kembali menggelar kegiatan sarasehan dan workshop tenaga advokasi imunisasi ‘Aisyiyah. Kegiatan yang berlangsung sehari itu dilaksanakan di Gedung Dakwah Muhammadiyah, Jl SMRaja, Sabtu (22/11) lalu dibuka secara resmi oleh PWA Dra Hj.Sulhati Syam.

Hadir pada acara itu para ketua majelis dan ketua lembaga serta utusan dari 13 Pimpinan Daerah Aisyiyah se-Sumatera Utara ( Medan, Binjai, Langkat, Sergei, Deli Serdang, Simalungun, Tebinggtinggi, Pematang Siantar, Labuhan Batu, Asahan, Tapanuli Selatan, Tanjung Balai, da Karo ) serta Muballigh Muhammadiyah yang ada di Kota Medan.

Ketua PWA Aisyiyah Dra. Hj. Sulhati Syam dalam sambutan pembukaannya kegiatan itu mengatakan, bahwa program kesehatan yang dilakukan pemerintah diharapkan sebagai usaha untuk meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat. Dua kegitan yang dilakukan pada hari ini adalah dalam rangka meningkatkan pemahaman masyarakat dalam menurunkan angka kematian ibu melahirkan serta menurunkan angka kematian balita.

Kata Sulhati, dengan melakukan imunisasi yang benar diharapkan kualitas hidup itu dapat ditingkatkan. Sejauh ini, keadaran masyarakat akan imunisasi, khususnya di pedesaan masih rendah sehingga Aisyiyah melalui kader kesehatannya diharapkan dapat memberikan penyadaran yang lebih baik.

Menjelaskan tentang program penting lain yang sedang dilakukan pemerintah adalah : (1) sistem transfusi darah yang baik, (2) pembinaan SDM yang berkualitas (dokter, bidang dan teknisi kesehatan), (3) pemberian obat dan kualitasnya, (4) serta program perbaikan gizi.

Dra. Hj. Sulhati menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tinggi atas kerjasama sinergi : PP Aisyiyah, PWASU dan MCCI-IP. Diharapkan kerjasama ini dapat memberikan kemusyalahatan kepada masyarakat banyak.

INDONESIA SEHAT 2010

Sementara itu, manajemen MCCI/IP Medan, Dr Afsari Diana MARS dalam sambutannya, menyampaikan apresiasi dan penghargaan kepada Aisyiyah atas kerjasama yang dilakukan selama ini. Kegiatan Sarasehan dan Workshop kali ini adalah program kerjasama Aisyiyah – MCCI/IP tahap II. Aisyiyah yang memiliki peran yang penting telah melaksanakan tugas peningkatan kualitas kesehatan dengan baik.

Dr. Afsari Diana menyebutkan Aisyiyah adalah mitra MCCI/IP yang dinilai paling aktif dan sukses dalam melaksanakan seluruhn kegiatan baik yang dilaksanakan dalam kontrak MCCI/IP maupun yang diinisiasi oleh internal Aisyiyah Sumatera Utara. Drs. Afsari berharap kerja keras dan kerja sinergi ini diharapkan dapat menyelamatkan generasi bangsa melalui imunisasi serta menyukseskan usaha pencapaian Indonesia sehat tahun 2010.

Materi Sarasehan oleh Dinas Kesehatan Prov. Sumatera Utara dengan topik Kebijakan, Strategi dan Tantangan Peningkatan Program Imunisasi di 8 Derah disampaikan oleh Dr. Surya Dharma. Ia berharap peran ulama di daerah ini dapat memberikand aya dorong yang lebih besar bagi penyadaran umat terhadap kesehatan.

Pemerintah melalui Dinas Kesehatan periode 2007 – 2011 akan melaksanakan berbagai kegiatan strategis, yakni : Pelayanan imunisasi terintegrasi dalam sistem pelayanan kesehatan, Advokasi Komunikasi & Mobilisasi Sosial, Surveilans, Vaccine provision, Manajemen Program dan Logistik, Pemerataan UCI desa dengan memanfaatkan PWS, Pendekatan risiko (high risk approach) dan introduksi Vaksin Baru dalam mencapai target MNTE, ERAPO, REDCAM, Meningkatkan mutu pelayanan (Uniject utk HB<7hr,>Yuniar R. Yoga /Sekr MKLH SU)

Tidak ada komentar: