Selasa, 21 Juli 2009

EMPAT LAGI PASIEN SUSPECT H1N1 PERIKSAKAN DIRI KE RS ADAM MALIK

Medan - Hampir setiap harinya Rumah Sakit Umum Pusat Haji Adam Malik (RSUP HAM) Medan selalu didatangi pasien ‘suspect’ flu H1N1 atau flu babi. Kali ini empat orang lagi memeriksakan diri ke ruang isolasi rumah sakit secara berturutan.

“Keempat pasien ‘suspect’ flu H1N1 yang memeriksakan diri itu masing-masing RN (56) warga Samosir dan R (50) warga Lhouksumawe, masuk Minggu (19/7). Sedangkan Wil (24) Warga Negara Asing (WNA) Amerika Serikat dengan temannya Na (23) warga Medan, masuk, Senin (20/7),” ungkap Kabag Hukum dan Humas RSUP HAM Medan drg. Atma Wijaya kepada wartawan, Senin (20/7). Menurut Atma, keempat pasien ‘suspect’ flu H1N1 yang memeriksakan ini semuanya kita observasi di rumah. Sebab ketika diperiksa kondisi keempatnya masih dalam keadaan normal.

Dikatakannya, keempat pasien yang memeriksakan diri ini semuanya pernah berasal dari daerah terjangkit. “Wil dan temannya Na baru pulang dari Penang Malaysia, Kamis (16/7) lalu. Kalau RN kabarnya dari Bali, begitu juga R baru pulang dari luar negeri,” paparnya.

Atma menjelaskan, Senin (13/7) lalu Wil dan Na dari Medan berangkat ke Penang. Hari Kamis (16/7) keduanya balik lagi ke Medan, keduanya memeriksakan diri karena sebelumnya saudara dari Na ini pernah memeriksakan diri ke RSUP HAM Medan. “Si Wil ini sudah dua bulan berada di Medan, dia tinggal sama si Na,” ujarnya.

Saat diperiksa oleh tim dokter, lanjut Atma kondisi tubuh Wil 37 derajat celcius, Na 37 derajat celcius, RN 37,8 derajat celcius, R, 36,2 derajat celcius. “Pasien yang berinisial R ini ada batuk dan pilek, sementara si RN masuk ke Adam Malik dalam keadaan demam,” tambah Atma.

Tim dokter penanganan flu babi telah memeriksa liur dan darah keempat pasien untuk dikirim ke Pusat Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (Puslitbangkes) Jakarta. “Lima hari kemudian akan diketahui hasilnya,” terang Atma.

Dipulangkan

Sementara dua pasien ‘suspect” flu H1N1 yang dirawat di RSUP HAM Medan yakni SS dan Sy, Sabtu (18/7) dipulangkan tim penanganan flu “H1N1 rumah sakit itu, meskipun keduanya belum diketahui hasilnya dari Puslitbangkes Jakarta. Kata Prof dr. Luhur Soeroso keduanya dipulangkan karena selama seminggu tidak ada demam lagi. “Keduanya cukup diobservasi di rumah,” ucap Atma.

Sedangkan YM masih dirawat karena positif flu H1N1 dan menunggu hasil pemeriksaan kedua dari Puslitbangkes Jakarta. Demikian juga Ar masih dalam perawatan tim penanganan flu H1N1 RSUP HAM Medan karena masa inkubasinya selama seminggu belum lewat. “Namun keduanya kondisi sudah membaik,” ujar Atma. (bara)