Jumat, 24 April 2009

PENYAKIT KENCING TIKUS MULAI MEWABAH


Musim hujan ternyata berpeluang untuk memicunya timbulnya berbagai penyakit, apalagi ditambah akan kurangnya kesadaran akan kebersihan diri maupun lingkungan sekitar.

Bukan hanya DBD dan Diare, penyakit lainnya yang kini muncul disaat intensitas hujan mulai memuncak yaitu Leptospirosis yang akan menjadi momok sebagian besar warga. Untuk itu seluruh masyarakan dihimbau waspada !

Penyakit Leptospirosis saat ini mulai menjangkiti warga, seperti dikawasan Cengkareng jakarta Barat, seorang wanita tua bernama Tumijah kini sedang kritis dan sedang menjalani perwatan intensif akibat penyakit kencing tikus tersebut. Bahkan penyakit tersebut juga telah merenggut korban jiwa yang dialami seorang pria warga Jatiuwung tanggerang.


Leptospirosis termasuk dalam golongan Zoonosis atau penyakit pada hewan yang juga dapat menjangkiti manusia. Umunnya penyakit ini lebih dikenal dengan penyakit kencing tikus, gejala dari terjangkitnya Leptospirosis diantaranya diawali dari flu kemudian, nyeri sendi, nyeri otot, nyeri kepala, leher kaku, muntah, nyeri tenggorokan.

Sebagai antisipasinya dan mencegah berkembangbiaknya kuman leptospira yang mampu bertahan hingga bulanan pada air dan tanah ini, maka hendaknya waspada dimusim penghujan yang mulai memuncak ini, apalagi genangan air misalnya akibat banjir memungkinkan kuman tersebut bersarang. Langkah awal untuk memusnakannya ialah dengan membersihkan lingkungan sekitar dengan desinfektans.