Senin, 27 April 2009

SELAMAT HARI BUMI, SELAMATKAN BUMI


Apalagi yang tidak kita tahu seputar perkembangan bumi akhir-akhir ini? Dari masalah pengelolaan sampah, peningkatan jejak (kaki) karbon alias carbon footprint sampai perubahan iklim dan pergeseran kulit bumi, sedang terjadi. Apa yang bisa kita lakukan?

Hal yang sederhana, semudah mengajarkan anak-anak kita cara tepat menggunakan benda-benda dalam keseharian sehingga produksi sampah bisa diminimalkan, sampai kepedulian untuk menanam pohon di setiap lahan kosong yang kita miliki. Jadi mulailah dari hal kecil, di lingkungan yang tak jauh dari diri kita, dan sekarang. Bukan besok atau nanti.

Jika Anda ingat dongeng klasik sarat makna, Jack and the Beanstalk, langkah sederhana Jack yang menukarkan sapi dengan beberapa biji kacang ajaib, kini diartikan oleh beberapa kalangan sebagai ajakan untuk hidup secara vegetarian, menjadi salah satu langkah untuk mengurangi “beban” terhadap bumi yang kita timpakan. Beberapa penelitian memang membuktikan emisi gas buang tak hanya “disumbangkan” oleh asap dari alat-alat transportasi dan industri. Peternakan sapi, ayam dan hewan lainnya punya andil besar dalam menimbulkan efek rumah kaca dan pencemaran lingkungan secara umum. Oleh karena itu, ada yang memilih mengurangi konsumsi produk peternakan, ada yang memilih hidup secara vegetarian murni (hanya makan sayur-mayur dan protein nabati), atau ada juga yang memilih mengonsumsi dan menggunakan produk-produk organik, dengan kata lain “kembali ke alam”.



Bagaimanapun setiap orang tua pasti punya cara tersendiri menghayati hari Bumi yang diperingati seluruh penduduk bumi setiap 22 April ini. Apabila Anda memilih menerapkan gaya hidup organik yang tak hanya dilakukan demi kesehatan, tetapi juga demi kesinambungan keberadaan semua aspek di alam, Anda bisa membaca Ayahbunda edisi 09 bertema “Orang Tua Hijau”. Atau, Anda juga bisa terjun langsung untuk terlibat dalam membangun kesadaran semua orang di lingkungan Anda, sebagaimana dilakukan para duta lingkungan hidup. Untuk itu, jangan lewatkan Berita Ayahbunda yang antara lain mengulik aksi hijau seleb dunia.