Sabtu, 29 Januari 2011

70 Tahun Prof. Dr. Chamamah Soeratno


Yogyakarta – Ketua Pimpinan Pusat (PP) 'Aisyiyah, Prof. Dr. Siti Chamamah Soeratno, genap berusia 70 tahun pada Senin (24/1). Sebagai ucapan syukur, Pimpinan Pusat (PP) 'Aisyiyah memberikan lukisan yang menggambarkan kiprah perjuangan beliau beserta buku saku bertema "Kiprah Perjuangan Prof. Dr. Hj. Siti, 'Aisyiyah, Selalu dan Selamanya". Kedua hadiah itu diserahkan dalam rangkaian Peringatan Ulang Tahun ke-70, Prof. Dr. Siti Chamamah Soeratno yang dihelat di University Club (UC) UGM Bulaksumur, Yogyakarta yang dihelat oleh Fakultas Ilmu Budaya UGM.

Prof. Chamamah sendiri mulai berjuang di 'Aisyiyah pada tahun 1968. Sebelum itu, beliau telah menjadi Ketua Umum PP Nasyiatul 'Aisyiyah pada 1965. Sejumlah amanah seperti sekretaris, bendahara dan wakil ketua pernah diampunya, sebelum terpilih dua kali berturut-turut sebagai Ketua Umum PP 'Aiysiyah 2000-2010.


Chamamah, Simbol Ketidakjumudan
Berbagai testimoni pun hadir dari berbagai pihak sebagai bukti atas kemanfaatan sosok ketua 'Aisyiyah ini. G.B.P.H Joyokusumo menyebutkan, "Pergaulan yang saya rasakan dnegan Beliau sangat terbuka, khususnya dalam hal pembinaan dan kebudayaan di Yogyakarta." Budayawan Indonesia, Muhammad Ainun Nadjib, bahkan menyampaikan, "Siapapun jangan mengaku orang Muhammadiyah kalau kata "jumud" tidak popular dalam tradisi pemikirannya. Kalau Anda bertanya apa definisi "jumud", jawabannya gampang: "Pokoknya yang tidak seperti Bu Chamamah."

Doa dari para pejuang 'Aiysiyah pun turut mengalir untuk Prof. Chamamah. Salah satunya dari ketua PP 'Aisyiyah, Siti Hadiroh Ahmad, S.Pd, "Saya doakan semoga selanjutnya diberikan umur panjang yang bermanfaat bagi keluarga dan masyarakat", tuturnya. (Ifah)