Senin, 17 Januari 2011

Padhepokan KHA. Dahlan Dipersembahkan untuk Muhammadiyah


Yogyakarta - Padhepokan KHA Dahlan, bapak pendiri Muhammadiyah, usai proses rehabilitasi yang dibantu oleh Pemerintah Kota Yogyakarta dan panitia Muktamar 1 Abad Muhammadiyah, resmi dibuka pada Ahad (16/1) dalam acara penandatanganan prasasti langgar dan padhepokan KHA Dahlan oleh Ketua Umum Pimpinan Pusat (PP) Muhamammadiyah, Prof. M. Din Syamsudin, MA, bertempat di Padhepokan KHA Dahlan, Jl. Kyai Mojo No. 33 Yogyakarta.

"Bangunan bisa dimanfaatkan seluas-luasnya oleh Muhammadiyah," ujar Ir. Munichi, M.Arch, mewakili keluarga KHA. Dahlan. Munichi juga mennginformasikan, penandatanganan prasasti rehab itu bertepatan bulan dengan dibangunnya Rumah Yatim oleh KHA. Dahlan di Serangan pada 13 Januari.



Sementara itu, fungsi padhepokan, tutur Din, dalam sambutannya usai menandatangani prasasti, merupakan tempat pelatihan. "Terkait gedung, PP Muhammadiyah sangat terbuka untuk mendayagunakan," jelasnya. Apalagi, lanjut Din, lokasi gedung itu sangat strategis.

Dalam acara itu, Yayasan KHA Dahlan selaku penyelenggara juga memberikan santunan kepada anak-anak Panti Asuhan Putra dan Putri Muhammadiyah, yang secara simbolis diserahkan oleh mantan Ketua Umum PP 'Aisyiyah, Elyda Djazman. Calon Walikota Yogyakarta, Hanafi Rais, juga hadir untuk memberikan bantuan rehab dalam acara itu. (Ifah)