Minggu, 23 Januari 2011

Din Syamsudin: Mobilisasi dan Peningkatan Kualitas, Kunci Program Muhammadiyah -'Aisyiyah


Yogyakarta – Kata kunci program-program Muhammadiyah pada periode 2010-2015 adalah mobilisasi dan peningkatan kualitas. Demikian disampaikan Ketua Umum Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiya, Prof. Dr. M. Din Syamsudin saat memberikan sambutan dalam pembukaan Rakapt Kerja Pimpinan (Rakerpim) PP 'Aisyiyah, Jum'at, (21/1) di Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan (LPMP) Kalasan, Yogyakarta. Meski begitu, Din mengakui, dalam beberapa hal, revitalisasi yang menjadi fokus periode lalu belum sepenuhnya selesai.

Dalam momen Rakerpim ini, Din berharap dapat menjadi wadah untuk merumuskan keputusan-keputusan muktamar dalam rencana-rencana strategis, rencana operasional hingga acuan referensi untuk pelaksanaannya. Perencanaan tanpa aktualisasi, menurut Din, tak ubahnya sebagai kebohongan publik.



Rumuskan Model Baru

Tak kalah penting, Din berharap, seluruh unsur Badan Pembantu Pimpinan (BPP) dapat merumuskan model-model baru dalam merealisasikan kegiatan dan menggerakkan amal usaha. "Kita ingin ada model baru. Paradigma, strategi dasar an etika gerakan tidak usah diubah," papar Din. Ia menambahkan bahwa ekonomi, dalam hal ini sangat penting untuk dijadikan program utama. Pasalnya, sejahtera secara ekonomi akan mendorong seseorang untuk lebih senang memberi daripada meminta serta memiliki mentalitas independen.

Paparan Din itu diamini oleh Ketua Umum PP 'Aisyiyah, Dra. Siti Noordjannah Djohantini, MM, M.Si. Model-model baru yang perlu dikembangkan BPP 'Aisyiyah itu, tentunya tidak terlepas dari program prioritas, yakni Gerakan Keluarga Sakinah, Qaryah Thayyibah serta Gerakan Jama'ah Dakwah Jama'ah (GJDJ). Sebelum menutup sambutannya, Din memberi semangat, "Kalau tekad membaja, jalan akan terbuka". (Ifah)