Senin, 15 September 2008

TOPAN "IKE" HANCURKAN KEHIDUPAN TEXAS


Galveston, Sabtu - Topan Ike memorakporandakan Texas tenggara, Sabtu (13/9), saat menghantam kota Galveston dan sekitarnya dengan kekuatan embusan 177 kilometer per jam (kategori 2). Ike menyebabkan banjir dan sejumlah kebakaran.

Belum bisa dipastikan seberapa besar kerusakan yang disebabkan topan Ike. Sampai semalam, televisi CNN menyebutkan, sedikitnya tiga orang tewas. Ike, pekan lalu, menyebabkan lebih dari 100 orang tewas saat menerjang negara-negara kepulauan di kawasan Karibia.

Angin kencang membuat gelombang pasang setinggi beberapa meter menerpa tanggul jalan raya di pesisir Teluk Meksiko. Banyak orang, yang terlambat mengungsi atau sengaja memilih tinggal di rumah, akhirnya meminta pertolongan agar dievakuasi.

Pusat topan menghantam pesisir di Galveston pada pukul 03.10. Sejauh ini dipastikan ribuan rumah terendam banjir, jalan-jalan di pesisir teluk tersapu gelombang, dan sejumlah kebakaran merebak tanpa bisa diatasi lokasi kebakaran sulit dicapai.

Kekhawatiran lebih pada ribuan orang yang menolak dievakuasi dan kini harus segera mendapat pertolongan karena rumah mereka tenggelam akibat banjir. ”Sungguh tidak menguntungkan, kami harus masuk dan menyelamatkan orang-orang yang tidak bijaksana (karena sebelumnya menolak dievakuasi) di tengah situasi sulit. Kami mungkin akan melakukan pencarian dan operasi pertolongan meluas, operasi yang belum pernah terjadi di Texas,” ujar Andrew Barlow, juru bicara Gubernur Texas Rick Perry.

Lebih dari 1,3 juta pelanggan listrik atau lebih dari 2,8 juta orang kehilangan pasokan listrik. Perusahaan pemasok listrik mengingatkan, diperlukan beberapa pekan sebelum semua jaringan diperbaiki.

Ketinggian gelombang pasang yang muncul kemarin mencapai 6 sampai 8 meter, setara gedung dua lantai. Petugas pemadam kebakaran membiarkan tiga gedung di Galveston terbakar karena kendaraan mereka tak bisa masuk akibat jalan tergenang air.

Genangan air setinggi hampir 2 meter terjadi di pusat kota Galveston. Mobil pemadam kebakaran dengan 22 personel bisa diselamatkan dari genangan air dan angin kencang setelah sebuah kapal tunda datang mengevakuasi mereka.

Pusat Badai Nasional AS menegaskan, topan Ike sudah melemah menjadi kategori 1, tetapi tetap meluluhlantakkan wilayah pesisir Texas dengan kekuatan embusan angin mencapai 145 kilometer per jam saat meninggalkan Galveston.

Pusat Badai Nasional AS di Miami mengatakan bahwa pusat topan Ike kini sedikit di timur laut Conroe, Texas, sekitar 65 kilometer utara Houston. Pusat topan bergerak ke utara dengan kecepatan 29 kilometer per jam.

Tidak ada komentar: