Minggu, 21 September 2008

WORKSHOP NASIONAL ‘AISYIYAH MAJELIS KESEHATAN UNTUK IMUNISASI
















Medan – PP Aisyiyah Majelis Kesehatan & Lingkungan Hidup menggelar kegiatan workshop dan koordinasi Implementasi Program Peningkatan Cakupan Imunisasi di Jakarta (29-30/8-2008). Workshop dan koordinasi yang berlangsung di Gedung BKKBN Jakarta itu selain dihadiri 8 utusan wilayah se-Indonesia juga dihadiri mitra kerja PP Aisyiyah, yakni dari MCCI/IP lembaga donor USAID yang memberikan perhatian pada upaya peningkatan cakupan imunisasi di Indonesia.

Delapan utusan PW Aisyiyah Majelis Kesehatan dan Lingkungan Hidup (MKLH) itu adalah : Sumatera Utara, DKI Jakarta, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Sulawesi Selatan. Diharapkana dengan workshop dan koordinasi antara PP Aisyiyah, PW Aisyiyah dan MCCI/IP maka program implementasi peningkatan cakupan imunisasi di daerah akan lebih baik. Dua utusan PWA Sumatera Utara adalah Ir. Suryawati MS (Ketua) dan Yuniar R. Yoga (Sekretaris).

Ketua panitia workshop dan koordinasi Dra. Hafni Rohmah SKM., MA., menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan upaya menyamakan visi program agar lebih focus. Masalah yang dihadapi adalah masih rendahnya kesadaran orangtua untuk melakukan imunisasi balitanya. Diharapkan kedepan, program ini akan lebih focus dan terukur, semakin baiknya komunikasi antara wilayah dan daerah, semakin meningkatnya peran motivator ‘Aisyiyah dilapangan.

Sedangkan Ketua PP Aisyiyah Majelis Kesehatan dan Lingkungan Hidup (MKLH) Noor Rachmah P menjelaskan makna dari Surah An-Nisa ayat-9, agar kita tidak meninggalkan anak-anak dalam keadaan yang lemah. Noor Rachmah juga mengatakan, Aisyiyah memiliki tanggung jawab yang besar dalam upaya menyejahterakan masyarakat lewat program peningkatan kesehatan mereka.

Sementara itu, Direktur Advokasi MCCI/IP (USAID) Mahyun Pudja, peran serta Aisyiyah sangat besar, khususnya di akar rumput, untuk mendorong orangtua yang memiliki balita dalam melakukan imunisasi balitanya.

Mahyun Pudja mengingatan Aisyiyah di Wilayah (Provinsi) dan daerah (Kabupaten/Kota) untuk meningkatan komunikasi yang lebih intens antara wilayah dan daerah dan melakukan garapan pada area yang spesifik menjadi garapan Aisyiyah. MCCI/IP itu mengingatkan, bila Aisyiyah dalam proses kegiatannya memiliki program yang spesifik dapat melakukan koordinasi dengan MCCI/IP di wilayah untuk dikembangkan menjadi program baru.

Pada kegiatan workshop ini berlangsung panel yang dipandu oleh Dr. Nancy Dian Anggraini dri Sub Direktorat Imunisasi Ditjen PP-PL Depertemen Kesehatan dengan topic bahasan Tantangan dan Strategi Peningkatan Cakupan Imunisasi. Panel kedua dipandu oleh Direktur MCCI/IP Mayun Pudja dengan topic Startegi dan Implementasi Program MCCI/IP dalam peningkatan cakupan imunisasi. Panel ketiga dipandu oleh Dr. Hj. Masyitoh Chusnan M.Ag dengan topic Landasan Ideal, Visi dan Misk Aisyiyah. Panel ke empat diisi oleh Dr. Atikah M.Zaki Mars dengan topic Program Qiriyah Thoyibah Bidang Kesehatan & Lintas Majelis.

PW Aisyiyah Majelis Kesehatan & Lingkungan Hidup (MKLH) Sumatera Utara dalam kerjasamanya dengan PP Aisyiyah dan MCCI/IP ini telah melakukan kegiatan peningkatan cakupan imunisasi di 8 (delapan) daerah yakni Deli Serdang, Langkat, Medan, Serdang Bedagai, Simalungun, Labuhan Batu, Tapanuli Selatan dan Asahan. Di delapan daerah ini, Aisyiyah melakukan kerjasama dengan lintas ortom dan amal usaha memberikan motivasi dan mobilisasi peran melalui berbagai kegiatan persyarikatan (yuni)

Tidak ada komentar: