Jumat, 10 Juni 2011

10 Persen Warga Kulonprogo Katarak


KULONPROGO - Sekitar sepuluh persen penduduk Kabupaten Kulonprogo terserang penyakit katarak. Jumlah ini relatif tinggi dibandingkan dengan daerah lain.

"Sekitar sepuluh persen penduduk kita terserang katarak," jelas Direktur RSU PKU Muhammadiyah Wates, dr Suwardi, Rabu (8/6/2011).

Penyebab utama kelainan penglihatan ini, kata Suwardi, karena faktor usia. Mayoritas penderita berusia di atas 50 tahun. Selain itu usia, penyakit ini juga dipengaruhi faktor kejiwaan, trauma, dan kondisi ekonomi.

Menurut Suwardi, penyakit ini bisa disembuhkan dengan cara operasi, mengangkat selaput putih yang menutupi retina. Hanya saja, untuk operasi ini, biaya yang dikeluarkan tidak sedikit. Kerap warga yang ekonominya redah tidak mampu melakukannya. "Jika kondisi fisiknya bagus, sekali operasi sudah sembuh. Tetapi ada pula yang sampai dua atau tiga kali," tuturnya.

RSU PKU Muhammadiyah, belum lama ini menggelar pengobatan mata dan operasi katarak gratis. Operasi ini dilaksanakan bekerjasama dengan RSUP dr Sardjito Yogyakarta. *** kps