Selasa, 28 Juni 2011

AISYIYAH SUMATERA UTARA FOKUS TINGKATKAN KUALITAS KESEHATAN MASYARAKAT



















Medan, 28 Juni 2011 – Pimpinan Wilayah Aisyiyah Sumatera Utara melalui Majelis Kesehatan kini memiliki berbagai program yang fokus pada upaya peningkatan kualitas kesehatan masyarakat. Demikian disampaikan Ketua Majelis Kesehatan PW Aisyiyah Sumatera Utara Yuniar R. Yoga dan Sekretaris Dra. Azwinar Apt kepada wartawan di Medan, Selasa (28/6).

Untuk kegiatan itu Aisyiyah selain akan melakukan sosialisasi berbagai tip’s kesehatan kepada warga Aisyiyah juga akan melakukan kegiatan yang sama kepada amsyarakat luas lewat kegiatan kampanye kesehatan dan bakti sosial kesehatan.

Untuk kegiatan itu, PW Aisyiyah Majelis Kesehatan telah mulai melakukan inisiasi kepada warga di Kabupaten Langka, Minggu (26/6) lalu. Dihadapan ratusan warga Aisyiyah dari 8 cabang di telah disosialisasik tip’s menyusui dini dan ASI ekslusif oleh tim kesehatan Aisyiyah, Dr.Dwi Mayaheti Nasution. Karena masih banyak warga yang tidak paham manfaat sesungguhnya dari pemberian kepada kepada bayi. “ Kami juga memtar video agar warga lebih mudah untuk paham,” kata Yuniar. Kepada warga juga sosialisasikan makanan yang sehat bagi ibu menyusui untuk memperbanyak proten dalam makanan.


Warga Aisyiyah yang hadir berasal dari Cabang Secanggang, Cabang Selesai, Cabang Bahorok, Cabang Padang Tualang, Cabang Stabat, Cabang Tanjung Pura, Cabang Brandan, Cabang Besitang.

Kampanye tentang Asi Ekslusif juga disampaikan Aisyiyah melalui radio M-UMSU. Di radio ini materi juga disampaikan oleh Dr.Dwi Mayaheti Nst yang juga adalah dosen pada Fakultas Kedokteran UMSU.

HARI TB

Program kesehatan Aisyiyah yang menjadi fokus adalah upaya mengentaskan TB yang penderitanya masih cukup banyak. Diharapkan Pimpinan Aisyiyah Sumatera Utara yang berasal dari berbagai majelis, Majelis Kesehatan melakukan sosialisasi terhadap upaya pengentasan penderita TB, Sabtu (25/6) di Gedung Dakwah Muhammadiyah Sumatera Utara di Medan.

“ Diharapkan semua pimpinan Aisyiyah menjadi kader TB sehingga mereka seharusnyalah paham dan mengerti apa TB dan paham pula untuk memberikan solusinya,” jelas Yuniar. Kegiatan sosialisasi diinternal Aisyiyah kali ini diberikan oleh Dr.Sri Arbaningsih Sp P. Dia adalah dosen FK UMSU juga dokter praktek di RSUM.

Juga dijelaskan, dalam rangka Milad Aisyiyah ke-97, PW Aisyiyah Majelis Kesehatan bersama Majelis Diknas mengadakan “lomba sekolah sehat” di tujuh daerah di Sumatera Utara, masing-masing Deli Sedang, Serdang Bedagai, Tebingtinggi, Binjai, Langkat, Medan dan Karo. Puncak acara yang akan berlangsung di Kampung Dadap [pada 27 Juli 2011 nanti, PW Aisyiyah juga akan menggelar kegiatan bakti social kesehatan.