Selasa, 14 Juni 2011

Muhammadiyah Palembang Bangun Rumah Sakit Pendidikan


PALEMBANG - Pihak Muhammadiyah Palembang akan membangun gedung baru rumah sakit pendidikan untuk keperluan fakultas kedokteran, dan melayani masyarakat di daerah itu.
"Rumah sakit Muhammadiyah itu sudah kita rombak menjadi rumah sakit pendidikan," kata Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Sumatera Selatan Prof DR H Romli SH MAg setelah bertemu dengan Gubernur Sumsel, H Alex Noerdin di Palembang, Jumat.

Menurut dia, peletakan batu pertama pembangunan gedung baru rumah sakit pendidikan itu rencananya dilaksanakan pada 11 Juni 2011.

Gedung baru untuk rumah sakit pendidikan yang akan dibangun itu enam lantai, katanya didampingi mantan Rektor Universitas Muhammadiyah Palembang, Marshall NG.

Ia mengatakan, pembangunan gedung baru rumah sakit pendidikan itu, karena memang Muhammadiyah sudah mempunyai fakultas kedokteran yang sekarang telah memasuki perkuliahan tahun ketiga.

Bangunan gedung seluas sekitar 20 x 40 meter persegi dengan enam lantai itu investasinya sekitar Rp100 miliar, ujarnya.

Ia menuturkan, untuk pembangunan gedung itu sekarang ini sumber dananya berasal dari Muhammadiyah dan masyarakat, sehingga nantinya dimanfaatkan sebagai tempat praktik mahasiswa fakultas kedokteran dan operasional rumah sakit.

Pembangunan gedung baru itu akan dilakukan secara bertahap dan ditargetkan rampung dalam lima tahun dengan kapasitas sekitar 700 tempat tidur.

Sementara Rumah sakit Muhammadiyah yang ada sekarang ini kapasitas tempat tidurnya sebanyak 180 unit, dan jumlah itu masih kurang untuk melayani masyarakat apalagi dengan adanya program berobat gratis, demikian Romli.