Rabu, 22 Juni 2011

Menteri Kehutanan Gandeng Muhammadiyah Atas Perubahan Lingkungan


Jakarta - Kementerian Kehutanan menggandeng PP Muhammadiyah untuk melibatkan tokoh agama dalam mengurangi dampak perubahan lingkungan.

"Untuk melakukan pendidikan secara luas tentang kelestarian lingkungan kita butuh peran tokoh agama. Kita tidak bisa bekerja sendiri, dengan sumber daya manusia yang terbatas," ungkap Menteri Kehutanan, Zulkifli Hasan, pada sambutannya di Kantor Kementerian Kehutanan, Jakarta Rabu (15/6).

Oleh sebab itu peran dari tokoh agama sangat sentral, karena memiliki banyak sumber daya manusianya, apakah itu melalui ustad, sekolahan, dan organisasi keagamaan. Nota kesepakatan tersebut merupakan perpanjangan nota sebelumnya, atau yang sudah berakhir pada Januari 2011 lalu.

Sementara Ketua PP Muhammadiyah, Din Syamsudin mengaku akan mengerahkan segala potensi yang dimiliki, apakah melalui ustad, pendidkan disekolah dan lain-lain. "Pelestarian lingkungan adalah misi suci agama, jadi semua umat manusia harus menjaganya," tukas dia.

Dia mengatakan, kerusakan lingkungan yang terjadi sekrang merupakan kerusakan yang sudah bersifat akumulatif. Akibatnya, negeri ini bukan hanya menghadapi krisis lingkungan saja, tapi juga krisis pangan, energi dan keuangan. "Krisis environment lingkungan hidup merupakan penyebab utama krisis lain yang kita hadapi sekarang ini," pungkas dia.***inilah.com