Kamis, 02 Juni 2011

Setelah Joqjakarta, kini Rakernas 'Aisyiyah Berlangsung di Jakarta


JAKARTA - Pimpinan Pusat (PP) Aisyiyah akan menggelar acara Konsolidasi Pimpinan dan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Majelis-Lembaga Aisyiyah. Acara itu akan diadakan di Depok pada 2-4 Juni 2011. "Melalui agenda Konsolidasi Pimpinan dan Rakernas Majelis dan Lembaga ini, Aisyiyah akan mem-break down konsep dan keputusan Muktamar ke-46 Aisyiyah," ujar Sekretaris PP Aisyiyah, Rohimi Zamzam, di kantor Republika, Senin (30/5).

Beberapa pengurus PP Aisyiyah, Senin kemarin, bersilaturahim ke kantor Republika. Pemred Republika, Nasihin Masha, beserta jajaran redaksi menerima rombongan Aisyiyah itu.



Melalui konsolidasi pimpinan dan rakernas itu, Aisyiyah akan mendorong kehidupan keluarga yang berkualitas sesuai dengan konsep keluarga sakinah dan qoryah thayyibah. Aisyiyah juga akan ikut serta membangun dan menciptakan budaya kemandirian ekonomi umat serta menumbuhkan perilaku keagamaan umat yang penuh rahmat dan kasih sayang.

Aisyiyah juga akan melakukan advokasi terkait berbagai perilaku kekerasan sosial, baik terhadap anak maupun perempuan. Selain itu, Aisyiyah akan melakukan sosialisasi dan pendidikan antikekerasan dan mendorong program perbaikan, seperti sosialisasi pendidikan anak usia dini, sekolah luar biasa, dan sebagainya, termasuk sosialisasi kesehatan reproduksi perempuan dan remaja.

Aisyiyah juga akan ikut menggalakkan program penanggulangan bencana melalui anak siaga banjir dan akan meningkatkan kecermatan terhadap pasar bebas (bekerja sama dengan Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia).

Rohimi menjelaskan, konsolidasi pimpinan dan rakernas itu akan dibuka oleh Ketua Umum PP Muhammadiyah, Prof Dr Din Syamsudin MA. "Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Patrialis Akbar akan memberikan keynote speech dengan tema pembangunan karakter bangsa untuk penguatan pendidikan, hukum dan HAM, menuju masyarakat madani," ujar Rohimi. Aisyiyah juga akan menghadirkan pembicara lain, yaitu Prof Malik Fajar (mantan menteri agama), Ketua PP Muhammadiyah Haedar Nashir, Ketua Umum PP Aisyiyah Siti Noordjannah Djohantini.

Menurut Rohimi, persoalan pendidikan dan pembinaan keluarga, kemandirian dan kesejahteraan ekonomi umat, keagamaan, pendidikan dan kekerasan, serta persoalan sosial kebangsaan akan terus menjadi perhatian Aisyiyah. "Selaku gerakan dakwah sayap perempuan Muhammadiyah, Aisyiyah sangat menyadari bahwa kompleksitas persoalan kehidupan nasional sekarang ini membutuhkan penanganan dan kerja nyata dari berbagai komponen bangsa," ujar Rohimi (rep)