Minggu, 05 Juni 2011

AISYIYAH MEMILIKI BEBERAPA PROGRAM UNGGULAN UNTUK TINGKATKAN KUALITAS KESEHATAN MASYARAKAT


Jakarta – Program TB menjadi salah satu program unggulan ‘Aisyiyah, khususnya unggulan bagi Majelis Kesehatan. Demikian ditegaskan Ketua Majelis Kesehatan Pimpinan Pusat ‘Aisyiyah Dra Hafni Rochmah SKM, MPH didampingi Bendahara PP Aisyiyah Dra. Hj Noor Rochman ( selaku Bendahara PPA dan PR TB Aisyiyah) pada rapat kerja Majelis Kesehatan di Kampus UI, Depak Jakarta, Jumat (3/6).

Rakernas berlangsung 2-4 Juni 2011 diikuti oleh Pimpinan Wilayah Aisiyiyah dari 33 Provinsi di Indonesia. PWA Sumatera Utara hadir Ketua Dra. Sulhati Syam MA, Yuniar R. Yoga dan Dra. Azwinar Apt (selaku Ketua dan Sekretaris Majelis Kesehatan). Konsolidasi dan Rapat Kerja Majelis Kesehatan kali ini mengambil tema : Konsolidasi Majelis Kesehatan ‘Aisyiyah sebagai Gerakan Praksis Pelayanan dan Pengembangan Kesehatan Ummat Menuju’Aisyiyah Satu Abad.

Ketua Majelis Kesehatan PPA Dra. Hafni Rochmah menjelaskan bahwa pada tahun 2009 Aisyiyah terpilih menjadi koordinator npenanggulangan TB oleh civil society di Indonesia yang didanai oleh Global Fund. Kenapa Global Found memiliih ‘Aisyiyah ? Dra Hafni mengatakan ada 3 hal (1) Aisyiyah adalah organisasi yang memiliki akar rumput cukup banyak, (2) Aisyiyah memiliki SDM yang bisa diandalkan dan (3) Aisyiyah memiliki amal usahan kesehatan. Hafni menjelaskan tafsir QS Al-Maidah 32 ....“Barangsiapa yang memelihara kehidupan seseorang maka dia telah memelihara kehidupan manusia semuanya”.
Dalam pengelolaan program TB ini Aisyiyah memiliki mitra kerja di 16 Propinsi dan 36 kabupaten diseluruh Indonesia termasuk di Sumatera Utara serta Kabupaten Langkat ( PW Aisyiyah Sumut dan PDA Langkat).

Masih menjelaskan landasan organsiasi dan misi dari majelis kesehatan, Hafni mengatakan adalah meningkatkan derajat kesehatan masyarakat khususnya perempuan, anak dan bayi dengan berbasis pelayanan kesehatan dan komunitas. Misi itu merujuk pada spirit QS Al-Maun.

Kata Hafni, dalam pengelolaan program penanggulangan TB itu, Majelis Kesehatan memiliki konsep program dengan berusaha meningkatkan program peran serta masyarakat dalam menyuluh, menemukan suspect serta mendampingi proses pengvobatan pasien dengan strategi DOTs, meningkatkan peran serta UPK non-pemerintah dalam pelayanan dan pengobatan pasien TB, juga dengan strategi DOTs

Program Unggulan

Selain TB, Aisyiyah melalui majelis kesehatan juga memiliki program dalam pencegahan penyakit menular seperti malaria, HIV/AIDS serta mengkampanyekan program PHBS (Pedoman Hidup Bersih dan Sehat) di rumah tangga serta kesehatan reproduksi.
Aisyiyah juga kini lebih fokus pada program unggulan lainnya yakni program Qoryah Thoyyibah Kesehatan. *** Yuniar R. Yoga – Jakarta.