Kamis, 02 Juni 2011

KERJASAMA PP AISYIYAH – BANK RAKYAT INDONESIA


YOGYAKARTA: PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk dan PT BRI Syariah bekerja sama dengan Pimpinan Pusat Aisyiyah mendorong pengembangan usaha mikro, kecil, menengah, dan koperasi untuk memberdayakan ekonomi umat.

“Kami memiliki komitmen terhadap pengembangan ekonomi kerakyatan yang populer dengan aktivitas usaha mikro, kecil, menengah, dan koperasi,” kata Dirut PT BRI Syariah Ventje Rahardjo di Yogyakarta, Jumat (20/5).

Menurut dia pada penandatanganan nota kesepahaman antara PT BRI (Persero) Tbk dan PT BRI Syariah dengan Aisyiyah, dengan adanya kerja sama itu akan diperoleh sinergi yang bermuara pada peningkatan kesejahteraan umat.

“Kami akan menawarkan berbagai produk atau jasa perbankan syariah. Dengan berbagai produk yang kami miliki, kami bertekad membantu mendorong kegiatan pemberdayaan ekonomi anggota Aisyiyah,” katanya.

Dirut PT BRI (Persero) Tbk Sofyan Basyir mengatakan, BRI sebagai salah satu bank pelaksana Kredit Usaha Rakyat (KUR) akan menyediakan fasilitas untuk mendukung dan mengoptimalkan potensi usaha mikro, kecil, menengah, dan koperasi.

Dalam kerja sama itu Aisyiyah menyiapkan usaha mikro, kecil, menengah, dan koperasi yang produktif dalam bentuk individu, kelompok, kemitraan, dan klaster yang dapat dibiayai dengan KUR.

“Selain itu, juga melakukan pembinaan dan pendampingan usaha mikro, kecil, menengah, dan koperasi sebelum dan selama masa kredit atau pembiayaan,” katanya.

Ketua Umum PP Aisyiyah Siti Noordjannah Djohantini mengatakan, kerja sama itu dalam rangka memudahkan akses bagi usaha mikro, kecil, menengah, dan koperasi binaan Aisyiyah untuk mendapatkan KUR.

Menurut dia, kerja sama yang merupakan bagian dari rapat kerja nasional dan Milad ke-97 Aisyiyah itu juga untuk mendukung kegiatan kelompok ekonomi Aisyiyah agar dapat berkembang.

“Kami selama ini telah bergerak membina kelompok ekonomi mikro, kecil, menengah, dan koperasi yang berkembang cukup baik di berbagai daerah, yang harus terus ditingkatkan,” katanya. (Ant)