Senin, 23 Februari 2009

45 PERSEN PENDUDUK BELUM MILIKI JAMINAN KESEHATAN


Medan, 15/2 (ANTARA) - Sebanyak 45 persen penduduk Indonesia terutama yang bekerja di sektor informal belum memiliki jaminan pelayanan kesehatan (JPK).

Direktur Perencanaan dan Pengembangan PT Askes (Persero), dr. Suzanna Zadli Razak, di Medan, Minggu, mengatakan, PT Askes siap memposisikan diri sebagai mitra pemerintah daerah dalam menangani JPK bagi masyarakat umum yang belum memiliki asuransi kesehatan.


"Hingga saat ini sudah 92,4 juta jiwa yang menjadi peserta PT Askes, baik sebagai peserta Askes Sosial, Askes Komersial, maupun asuransi lainnya," katanya.

Ia mengatakan, saat ini PT Askes dinyatakan sebagai perusahaan nirlaba, sehingga, tidak ada target untuk memberikan deviden kepada negara.

Oleh karena itu, dividen yang dihasilkan dikembalikan lagi untuk masyarakat peserta Askes. Pengembalian dividen itu berupa pemberian hibah mobil ambulans, peralatan komputer dan alat kesehatan bagi rumah sakit provider PT Askes yang saat ini berjumlah 951 buah di seluruh Indonesia, serta berbagai kegiatan promosi.

Khusus untuk program hibah mobil ambulans yang sudah berlangsung sejak tahun 2002 itu, telah diserahkan 158 unit ambulans. Pada tahun 2008 telah diserahkan sebanyak 44 unit dalam dua tahap.

"Salah saru Rumah sakit yang mendapat hibah ambulans adalah RSUD Deli Serdang, Sumut, sebagai salah satu provider Askes. Ambulans tersebut berstandar internasional yang dilengkapi dengan petugas terlatih," katanya. (ant)



Tidak ada komentar: