Selasa, 17 Februari 2009

SABTU (21/2) DI MEDAN, AISYIYAH SUMUT GELAR GEBYAR LOMBA BAYI SEHAT

Medan – PW Aisyiyah Sumatera Utara Majelis Kesehatan dan Lingkungan Hidup (MKLH) kembali menggelar kegiatan yang bertemakan kesehatan untuk ummat. Kali ini dalam rangka menyongsong Indonesia Sehat 2010, PWA MKLH akan menggelar kegiatan Sosialisasi Imunisasi, Pemberian Makanan Bergizi dan Lomba Bayi Sehat. Kegiatan ini diikuti 13 Kabupaten di Sumatra Utara dan puncak kegiatannya akan berlangsung, Sabtu (21/2) di RSU Muhammadiyah Sumut, Jln Mandala By Pass, Medan.

Demikian dijelaskan PWA Majelis KLH Ir. Suryawati Hamzah (Ketua) dan Yuniar R. Yoga (Sekretaris) kepada wartawan di Medan, Kamis sore (19/2). Katanya, program yang digagasan secara bersama antara Aisyiyah, MCCI/IP (satu lembaga donor yang peduli terhadap kesehatan), RSU Muhammadiyah Sumatera Utara dan mitra kerja lainnya. Kerjasama antara Aisyiyah dan MCCI/IP, demikian Suryawati, sudah berlangsung sejak dua tahun lalu. Program sosialisasi, komunikasi dan mobilasasi imunisasi untuk masyarakat itu telah dilaksanakan di 13 kabupaten. Aisyiyah bahkan ikut secara aktif dalam forum komunikasi imunisasi baik ditingkat provinsi mau pun kabupaten.

Suryawati mengatakan dukungan dan kerjasama yang dilakukan Aisyiyah, mulai dari Pusat, Wilayah dan Daerah dengan mitra kerja seperti MCCI/IP, Dinas Kesehatan Provinsi dan Kabupaten serta Pemko dan Pemkab sangat berarti dalam mendorong peningkatan cakupan dan pemahaman masyarakat terhadap pentingnya imunisasi itu. Aisyiyah bahkan sudah mengirimkan beberapa tenaga medis ( dokter, bidan dan perawat) serta tim motivator yang berasal dari pengurus Aisyiyah.

Dijelaskan, Aisyiyah sebagai organisasi Muhammadiyah yang bergerak dibidang dakwak dan pendidikan itu, memiliki akar rumput (masa) yang cukup banyak. Potensi itu akan menjadi sebuah kekuatan bila dimobilsiasi dengan baik.

Suryawati mengatakan, program imunisasi sudah dilakukan secara konitinyu dibeberapa amal usaha kesehatan (AUMKES) baik milik Muhammadiyah mau pun Aisyiyah. Aisyiyah juga secara aktif melakukan sosialisasi bagi usaha meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat dengan penyuluhan pemberian gizi kepada bayi dan balita. Kali ini, Aisyiyah juga melakukan kegiatan Lomba Bayi Sehat. Disebutkan, pemenang dari lomba yang berlangsung di tingkat kabupaten dan kota itu akan dilanjutkan ditingkat provinsi. Katanya, tiap kabupaten dan kota akan mengirimkan 2 bayi sehat terbaiknya. PWA MKLH telah menyiapkan tim juri yang terdiri dari dokter d untuk melakukan penilaian.

PWA Aisyiyah MKLH Sumatera Utara itu mengundang warga Aisyiyah untuk dapat menghadiri kegiatan Gebyar Lomba Bayi Sehat itu, Sabtu (21/2). Sangat diharapkan warga dapat membawa bayinya karena panitia menyediakan makanan sehat dan bergizi kepada bayi yang hadir. (yuni)

Tidak ada komentar: