Minggu, 22 Februari 2009

PWA-MKLH SUMUT GELAR LOMBA BAYI SEHAT, SOSIALISASI IMUNISASI DAN PEMBERIAN MAKANAN BERGIZI





Pimpinan Wilayah Aisyiyah Majelis Kesehatan dan Lingkungan Hidup (PWA-MKLH) Sumatera Utara menggelar kegiatan Lomba Bayi Sehat, Sosialisasi Imunisasi dan Pemberian Makanan Bergizi kepada ratusan balita, di Rumah Sakit Muhammadiyah Sumut, Sabtu (21/2). Kerjasama Aisyiyah, Dinkes Sumut, Nutricia, Sarihusada itu dihadiri ratusan balita dari beberapa kabupaten dan kota di Sumut. Zaskia Audi Muhayat, dari Deli Serdang, terpilih sebagai Bayi Sehat Aisyiyah Sumut tahun 2009.


Kepala Dinas Kesehatan Sumut Dr. Chandra Syafie DSOG yang diwakili oleh Dr. Suryantini memujikan pedulian Aisyiyah Sumatera Utara terhadap perkembangan kesehatan anak di daerah ini. Kami menyambut baik akan upaya Aisyiyah dalam menyelenggarakan Lomba Bayi Sehat 2009. Diharapkan dengan kegiatan seperti ini dapat dihasilkan generasi masa depan yang sehat, cerdas dan kelak dapat menjadi manusia yang berguna bagi dirinya, keluarga, masyarakat dan negara.

Sedangkan Pimpinan Wilayah Aisyiyah Sumut Hj. Asmawita AM, LCS, MA mengatakan bahwa Aisyiyah selalu berada pada garda depan untuk tetap memperjuangkan masyarakat yang sehat. Dengan masyarakat yanag sehat itulah pondasi untuk menjadikan negara yang kuat. Pembinaan dan pemeliharaan anak tidak hanya pada fisik tapi juga pada jiwanya. Asmawita mentakan, sebagai masyarakat Global maka kerjasama antara Aisyiyah dan MCCI/IP ( Millenium Challenge Corporation Inddonesia / Immunization Project) adalah sebuah kerjasama yang strategis dalam meningkatkan masyarakat yang sehat dan kuat.

BANGGA WANITA INDONESIA

Sementara itu, Management MCCI/IP dr. Asmatullah Arab memujian wanita Indonesia. Dari banyak negara muslim yang dkunjunginhya, tidak banyak negara yang memiliki wanita dengan organisasi yang rapi dan kuat. Salah satunya adalah Aisyiyah. Asmatullah Arab mengatakan, ini adalah potensi dan sumber daya yang sangat bagik dalam usaha meningkatkan kesehatan masyarakat. Khusus Aisyiyah Asmatullah Arab mengatakan, selain organisasinya kuat, Aisyiyah juga memiliki lembaga pendidikan, kesehatan dari pusat sampai ke daerah.

Ia mengatakan, kerjasama antara MCCI/IP dengan Aisyiyah sudah berlangsung selama dua tahun dalam rangka meningkatkan pemahaman masyarakat terhadap imunisasi. MCCI/IP berusaha untuk menekah folio, tetanus dan campak, kata Asmatullah.

Pada hari yang sama Direktur RSU Muhammadiyah Dr. Ade Taufiq SpOG dan Ketua PWM Majelis MKKM Dr. Chairul Adillah Harahap SpA menjelaskan tentang peran serta Muhammadiyah dalam upaya meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat.

BAYI SEHAT AISYIYAH 2009

Lomba Bayi Sehat Aisyiyah Sumut 2009 diikuti oleh 23 bayi yang merupakan utusan ‘bayi sehat’ dari beberapa Pimpinan Daerah Aisyiyah, seperti PDA Medana, PDA Tebing Tinggi, PDA, Langkat, PDA Pematang Siantar, PDA Karo, PDA Simalungun serta utusan dari RSU Muhammadiyah. Untuk melakukan penilaian terhadap 23 peserta bayi sehat itu, PWA MKLH menetapkan tiga orang dewa juri : dr. Hendy Zulkarnain SpA (Ketua) (ketua juri) ; dr. Herdiansyah Hasibuan dan dr. Desy Arisanti

Dewan juri telah menetapkan beberapa kriteria untuk memilih Bayi Sehay Aisyiyah Sumut 2009 itu. Setelah melakukan pemeriksaan secara selektif, maka diputuskanlah enam bayi sehat sebagai pemenang. Mereka adalah : Juara 1. Zaskia Audi Muhayat (Deli Serdang). Juara II, M. Abduh Zaska (Karo). Juara III, M. Aditya Agasta (Langkat). Sedangkan pemenang harapan 1, Nur Aini ( Tebing Tinggi), pemenang harapan 2, Syahrial Gemilang Damanik (Simalungun) dan pemenang harahap 3, Dicho Fatin Azhari BB (Pematang Siantar)*** Yuni






Tidak ada komentar: