Minggu, 08 Februari 2009

WUJUDKAN INDONESIA SEHAT 2010, UMY PERSIAPKAN RSGMP

Yogyakarta – Dalam mewujudkan visi Indonesia sehat 2010, diperlukan sarana pelayanan kesehatan gigi yang bermutu, efisien, merata, dan terjangkau, salah satunya dengan pendirian Rumah Sakit Gigi dan Mulut Pendidikan (RSGMP). Kebijakan tersebut kemudian ditindak lanjuti oleh Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) dengan mempersiapkan RSGMP. UMY merupakan universitas ke-12 di Indonesia yang mempunyai RSGMP saat ini.

Menurut Direktur RSGMP UMY, drg. Iwan Dewanto, RSGMP menjadi salah satu rumah sakit khusus yang diharapkan mampu berperan dalam meningkatkan kesehatan gigi dan mulut melalui pelayanan kesehatan yang komprehensif. "Tidak hanya menjadi wadah belajar bagi mahasiswa kedokteran gigi sebagai calon manajer dalam bidang kesehatan, pendirian RSGMP juga merupakan bentuk pengabdian dalam melayani kesehatan kepada masyarakat," jelas Iwan saat dijumpai redaksi, Jumat (6/2) di Asri Medical Center (AMC), Wirobrajan.

Lebih lanjut, Ia mengharap Fungsi RSGMP nantinya tidak hanya sekadar sarana pendidikan yang menghasilkan dokter gigi dan dokter gigi spesialis, namun juga dapat dikembangkan sebagai pusat pelayanan kesehatan dan sarana rujukan medik gigi dan mulut bagi semua pihak, termasuk masyarakat Yogyakarta. "Dalam melayani kesehatan masyarakat, RSGMP nantinya dapat membangun jejaring dengan pelayanan primer di wilayah cakupan tertentu, khususnya di puskesmas untuk memantapkan sistem rujukan sekaligus sebagai Pembina pelayanan kesehatan gigi dan mulut dalam meningkatkan kesehatan masyarakat luas," tambahnya.(Mul)

Tidak ada komentar: