Minggu, 22 Februari 2009

KADINKES SUMUT : PUJIKAN 'AISYIYAH YANG PEDULI TERHADAP KESEHATAN ANAK


Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Utara, Dr. Chandra Syafei, DSOG yang diwakili oleh Dr. Suryantini memujikan pedulian Aisyiyah Sumatera Utara terhadap perkembangan kesehatan anak di daerah ini. Kami menyambut baik akan upaya Aisyiyah dalam menyelenggarakan Lomba Bayi Sehat 2009. Diharapkan dengan kegiatan seperti ini dapat dihasilkan generasi masa depan yang sehat, cerdas dan kelak dapat menjadi manusia yang berguna bagi dirinya, keluarga, masyarakat dan negara.


Penjelasan itu disampaikan Dr. Chandra Syafei pada acara Lomba Bayi Sehat, Sosialisasi Imunisasi serta Pemberian Makanan Bergizi yang dilaksanakann PWA Majelis Kesehatan dan Lingkungan Hidup, Sabtu (21/2) di RSU Muhammadiyah Sumut, Jln Mandala By Pass No.27. Hadir beberapa utusan Pimpinan Daerah Aisyiyah se-Sumatera Utara, Management MCCI/IP (selaku mitra kerja Aisyiyah).

Dr. Chandra Syafei mengatakan bahwa anak adalah karunia dan amanah Allah SWT. Anak mempunyai kedudukan yang sangat penting sebagai penerus keturunan/ generasi, sebagai aset bangsa dan sembagai sumber daya pembangunan masa mendatang. Masa kanak-kanak adalah masa yang teramat penting. Lima tahun pertama kehidupan balita merupakan masa emas untuk meletakkan dasar kepribadian, moral, sikap dan kecerdasan seseorang. Bila pada masa penting itu seorang anak salah bentuk maka akibatnya bisa fatal.

Kata Dr. Chandar Syafei, ada tiga hal yang penting tentang anak; yakni pertumbuhan, perkembangan dan hak-hak anak, yakni Hak Hidup, Hak Tumbuh, dan Hak Berkembang secara optimal dan bebas dari kecacatan dan keterbatasan yang secara fisik, mental, emosional dan sosial. Awal kebutuhan dasar si anak harus terpenuhi, yaitu cinta dan kasih sayang, perlindungan, makanan bergizi, pemeliharaan kesehatan serta pendidikan.

Menyangkut dengan pertumbuhann anak, Dr. Chandra Syafei mengatakan bahwa agar pertumbuhan optimal dimulai dengan pemberian ASI sedini mungkin yang disebut dengan IMD (Insiasi Menyusui Dini) yang diberikan selama 2 tahun. Pemberian ASI pada bayi adalah tindakan yang sangatb bijaksana karena bayi membutuhkan makanan terbaik untuk perkembangan fisiknya, sekaligus jalinan kasih sayang ketika si ibu sedang menyusui bayinya. Kemudian, ketika bayi berusaha 6 bulan maka bayi membutuhkan makanan tambahan yang begizi seimbang. Kata dr. Chandra, pertumbuhan anak yang baik ditandai dengan penambahan berat badan yang sesuai.

Kepada PWA Majelis Kesehatan dan Lingkungan Hidup, dr. Chandra Syafei melalui dr. Suryantini, peran serta dan kemandirian organisasi seperti Aisyiyah sangat diharapkan dalam mendukung usaha pemerintah dalam meningkatan kualitas kesehatan masyarakat. (yuni)


Tidak ada komentar: