Rabu, 14 April 2010

Sjahril Sebut Ada Aliran Uang ke Sejumlah Anggota Polri

Jakarta,Mantan diplomat Sjahril Johan masih diperiksa sebagai saksi oleh Tim Independen Mabes Polri. Dalam keterangannya, Sjahril mengaku ada aliran uang kepada sejumlah anggota Polri.

"Iya (ada aliran). Ya semuanya lah," kata Kepala Pusat Pengamanan Internal Divisi Propam (Kapuspaminal) Mabes Polri Kombes Pol Budi Wasesa kepada wartawan, Selasa (13/4). Budi mengatakan, pemeriksaan terhadap Sjahril nantinya juga bisa menjadi dasar bagi pemeriksaan oleh Divisi Propam terhadap anggota Polri yang terlibat. "Dari SJ kita bisa tahu ke mana saja uang itu. Ke si A si B atau si C, tapi ini baru pengucapan sepihak SJ. Sama seperti kasus Gayus, Haposan dan Andi Kosasih. Namun tidak ada data otentik, kita cari tahu apakah ada saksi atau apa yang menguatkan, dalam penyerahan itu," imbuhnya.

Rencananya Sjahril akan dikonfrontir dengan empat tersangka kasus makelar kasus pajak lainnya. Namun karena sudah larut malam, tampaknya rencana itu akan sulit untuk dilakukan. "Ada rencana tapi ini sudah malam. Kalau sudah malam kan capek," paparnya. Sjahril masih di periksa di dalam Pak? "Masih belum selesai," jelasnya.

Diperiksa Maraton

Sjahril Johan terus diperiksa secara marathon oleh Mabes Polri. Ia diperiksa oleh Divisi Propam Mabes Polri kemudian dilanjutkan oleh Tim Independen. "Tadi Saya sudah memeriksa, sekarang Saya serahkan ke Tim Sus (Tim Independen)," kata Budi Wasesa.

Sjahril diperiksa Mabes Polri sejak pukul 17.30 WIB. Hingga pukul 22.45 WIB, belum ada tanda-tanda pemeriksaan Sjahril akan selesai. "Kemungkinan sih menginap. Tapi terserah Tim Sus, mau dilanjutkan besok atau sekarang," imbuh Budi.

Pulang Atas Inisiatif Sendiri

Sebelumnya Wakil Kepala Divisi Humas Polri, Kombes Pol. Zaenuri Lubis, mengatakan, kepulangan Sjahril Johan ke Indonesia atas inisiatif sendiri. "Dia sadar untuk datang sendiri ke Indonesia dan saat ini telah berada di Mabes Polri," kata Lubis di Jakarta, Selasa. Nama Sjahril Johan dimunculkan oleh mantan Kabareskrim Polri, Komjen Pol. Susno Duadji, sebagai orang yang diduga menjadi makelar kasus di tubuh Polri.

Susno menyatakan hal itu saat bertemu dengan Komisi III DPR RI beberapa waktu lalu. Satgas Pemberantasan Mafia Hukum juga telah meminta keterangan kepada Susno terkait dengan keberadaan Sjahril Johan. Setelah namanya muncul di media masa, Sjahril sempat berada di Singapura dan hari ini dia pulang ke Indonesia dengan didampingi pengacaranya Hotma Sitompul. (dtc/Ant)