Jumat, 08 Januari 2010

Cuaca Ekstrem di Indonesia Mulai Hari Ini


JAKARTA- Kondisi cuaca ekstrem berpotensi terjadi di wilayah Indonesia mulai hari ini hingga Senin (11/1/2010). Salah satu faktor pendukung terjadinya cuaca ekstrem adalah adanya daerah tekanan rendah di Samudera Hindia sebelah barat NAD serta pusaran angin tertutup di perairan sebelah barat Sumatera yang berpengaruh terhadap aktivitas pertumbuhan awan – awan hujan di wilayah Indonesia.

Selain itu juga terdapat aktivitas MJO di wilayah Indonesia yang mendukung pertumbuhan awan – awan hujan di sekitar wilayah Indonesia bagian barat dan selatan. Kondisi suhu muka laut di perairan Indonesia yang masih cukup hangat mendukung suplai uap air di beberapa wilayah Indonesia.

Aktivitas konvektif terkait dengan temperatur yang cukup tinggi pada siang hari yang merupakan aktivitas atmosfer berskala lokal membuka peluang bagi pertumbuhan awan – awan konvektif yang berpotensi menimbulkan hujan lebat yang disertai angin kencang dan petir dalam waktu yang tidak terlalu lama.

Wilayah yang berpotensi hujan lebat disertai petir dan angin kencang adalah Sumatera bagian utara, tengah dan selatan; pesisir barat Sumatera; Kalimantan bagian selatan; Jabodetabek; sebagian besar Pulau Jawa; Sulawesi bagian selatan dan tenggara; Bali dan Nusa Tenggara; Maluku bagian utara serta Papua bagian barat dan selatan (kp)