Rabu, 24 Februari 2010

Pekan Seni Mahasiswa “UMSU Art & Musik Kontemporer”


Medan - Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (BEM UMSU), menyelenggarakan Pekan Seni Mahasiswa 2010 berjudul “UMSU Art & Musik Kontemporer” dengan aneka ragam kegiatan seperti Kompetisi Tari Antar SMU Sederajat diikuti 12 Sanggar Tari, Kompetisi Seni Antar Mahasiswa UMSU dan Lomba Drama/Puisi kegiatan ini dilaksanakan padaSenin s/d Kamis (22/02.2010 s/d 25/02/2010).
Kegiatan juga diisi dengan pameran Kebudayaan oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumut, Pameran barang-barang kerajinan oleh Dekranasda Sumut serta Bazar Makanan Daerah sebanyak 12 stand bertempat di Kompleks Kampus Terpadu UMSU, Jl Kapten Mukhtar Basri No 3 Medan, demikian diutarakan Ketua panitia kegiatan, Rizky Abimanyu kepada wartawan usai acara pembukaan kegiatan tersebut, Senin (22/02) sore.

Hal tersebut dipublish menurut berita yang dirilis website www.umsu.ac.id dengan tema “BEM UMSU selenggarakan pekan seni mahasiswa 2010”.

Hadir pada acara pembukaan tersebut Kepala Dinas Pendidikan Sumut Drs H Bahrumsyah MM, Rektor UMSU, H Bahdin Nur Tanjung, SE MM, Wakil Rektor III Drs Agussani MAP, para Dekan Fakultas se-UMSU, Kapolsekta Medan Timur AKP YS Nasution, Ketua BEM UMSU Budi Ramadhani, Ketua MPM UMSU dan sejumlah aktivis kampus lainnya, Ka Biro Humas UMSU Anwar Bakti dan Kepala Biro lainnya serta para peserta kompetisi.

Ketua BEM/Presiden Mahasiswa UMSU, Budi Ramadhani dalam sambutannya mengucapkan apresiasi yang tinggi kepada Rektor H Bahdin Nur Tanjung selaku pemimpin di universitas ini telah sukses memajukan dan mengembangkan UMSU sehingga menjadi barometer Perguruan Tinggi Swasta di Sumut dan mengharapkan Bahdin sukses pula nanti untuk skala yang lebih besar lagi yakni memimpin masyarakat selaku Walikota Medan.

Gubernur Sumut H Syamsul Arifin, SE diwakili Kepala Dinas Pendidikan Sumut, Drs H Bahrumsyah MM mengatakan bahwa seni itu indah dan mahal nilainya, khususnya tari-tarian dan musik kontemporer yang dimiliki oleh semua etnis yang ada di Indonesia. Oleh karenanya semua itu perlu ditata, dibina, dirawat dan dijaga agar dapat terus bertahan dan tidak hilang ditelan budaya lain yang gencar mempengaruhi generasi muda kita saat ini seiring dengan kemajuan teknologi informasi.


Bahrumsyah menyatakan, ke depan pihaknya akan mengupayakan anggaran untuk membantu penyelenggaraan kegiatan seni di sekolah-sekolah mulai SD hingga Perguruan Tinggi dari dana APBD Sumut agar generasi muda di Sumut tetap mencintai seni budayanya sendiri.

Sementara itu Rektor H Bahdin Nur Tanjung, SE MM mengucapkan terima kasih atas inisiatif BEM UMSU yang menggagas kegiatan pekan seni ini walaupun dengan dana yang minim, tetapi dengan kemauan keras berhasil mewujudkannya demi rasa kecintaan kepada seni budaya sendiri.

Disebutkan Bahdin bahwa kegiatan seperti ini sangat perlu didukung baik oleh pihak UMSU maupun pihak Dinas Pendidikan serta Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumut. “Dengan telah diberikannya ‘lampu hijau’ oleh Kepada Dinas Pendidikan Sumut maka BEM UMSU dapat membuat proposal untuk menyelenggarakan kegiatan ini sebagai agenda tahunan nantinya”, ujar Bahdin mengakhiri sambutannya dan membuka resmi kegiatan tersebut (Fan).