Sabtu, 20 Februari 2010

Ternyata Bayi Berkelamin Ganda Itu Perempuan


JAKARTA — Pihak keluarga Fatahiyah alias Ipat (4,5), bocah berkelamin ganda di Warakas, Tanjung Priok, sudah menerima hasil USG dari Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo atau RSCM pada Jumat siang.

Kejutannya, jenis kelamin Ipat cenderung perempuan. Hasil pemeriksaan ultrasonografi (USG) diambil oleh Ketua RW 01 Bagus Kusumo dari dr Evita B Irvan dan disampaikan kepada Kompas.com, Sabtu (20/2/2010) siang.

Bagus Kusumo adalah Ketua RW 01 yang peduli pada nasib Ipat. Bagus mengatakan, hasil pemeriksaan internal fisik Ipat menunjukkan kesan bahwa anak keempat pasangan Encim (34) dan Linah itu berjenis kelamin perempuan. Misalnya, dari hasil USG tampak gambar uterus kecil berbentuk tabung berukuran 1,6 x 1,1 x 0,4 cm dengan ujung saluran menyerupai vagina.

Data juga menunjukkan terdapat ovarium kanan dan kiri dengan kista di dalamnya sebesar kira-kira 0,25 cm dan 0,55 cm. Selain itu, tertera pula fakta perbandingan korpus dan serviks 1:1, dua ginjal dalam batas normal, dan tidak tampak mata tumor pada uterusnya.

"Hasilnya tertulis, dari citra melalui USG Genetalia Interna didapatkan gambaran genetalia interna anak perempuan. Diketahui, usia infantil (bayi) dari ovarium," ujar Bagus.

Sebelumnya, Linah mengatakan belum memperoleh informasi seputar hasil pemeriksaan USG tersebut. Saat ini, mereka hanya akan menunggu pemberitahuan RSCM apakah sudah ada kamar inap kosong sehingga Ipat bisa masuk untuk menjalani operasi./kps