Senin, 17 Mei 2010

Din Syamsuddin Pimpin Tokoh Agama Asia Temui Pimpinan China


China – Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah yang juga President Asian Conference of Religions for Peace (ACRP), Din Syamsuddin memimpin delegasi tokoh agama Asia menemui pimpinan China, Jia Qinglin, di Beijing, Kamis (13/05).

Jia Qinglin, Chairman of China People’s Political Consultative Conference (CPPCC) sebuah lembaga yang sangat berpengaruh dan menentukan kebijakan di Republik Rakyat China (RRC). Qinglin juga anggota Politbiro di RRC setelah Presiden dan PM.

Din Syamsuddin didampingi oleh enam tokoh agama dari Asia, masing-masing Buddha dan Shinto dari Jepang, Katholik dari Australia, Islam dari Pakistan, dan Tao dari China.

Dalam kesempatan tersebut, Din menyampaikan peran ACRP dalam mengembangkan kebersamaan umat beragama di berbagai negara Asia dan peran agama dalam mendorong transformasi Asia. Din berharap pemerintah China bias menjaga kebebasan beragama di negeri itu.

Tidak lupa Din menyampaikan rencana pameran budaya China – Indonesia di Jakarta dan Surabaya bulan Juli yang akan dating dalam rangka perayaan 60 tahun hubungan Indonesia – China. Guru besar UIN Syarif Hidayatullah, Jakarta ini mengharapkan hubungan Indonesia – China semakin baik serta Islam – China harmonis dimasa mendatang. (Md/SM)