Senin, 24 Mei 2010

KONGRES DEMOKRAT: ANAS LAYAK MASUK BURSA CAPRES 2014


JAKARTA - Salah satu Ketua DPP Partai Hanura, Yuddy Chrisnandy, menganggap Ketua Umum DPP Partai Demokrat (PD) Anas Urbaningrum sebagai figur yang menjual untuk dimajukan sebagai calon presiden (capres) 2014. Anas, katanya, politikus muda yang paling memiliki peluang untuk itu.

"Kemenangan Anas Urbaningrum pertanda baru kepemimpinan muda menyongsong 2014. Dinamika yang terjadi dalam Kongres PD, memberikan pesan bahwa, uang bukanlah segala-galanya," kata Yuddy Chrisnandy kepada tribunnews, Senin (24/5).

M Ichsan Loulembah, Managing Partner IMPACT Indonesia, salah seorang yang berada di belakang kemenangan Anas Urbaningrum di kongres mengungkapkan, sebelum kongres, dari semua kandidat calon ketua umum Demokrat, Anas yang paling memiliki nilai jual. Di internal Demokrat, Anas yang paling dianggap layak menggantikan Hadi Utomo sebagai Ketum PD.

"Saat Kongres, kami hanya bekerja 15 persen saja. Selebihnya, 75 persen Anas sudah membuktikan kualitasnya sebagai pemimipin, meyakinkan para kader Demokrat, dialah yang pantas menjadi pemenang," kata Ichsan.

"Terlalu jauh memang, untuk berbicara 2014. Namun, bukan tidak mungkin, Anas sebagai ketua umum, apalagi sebagai pemenang pemilu, segala kemungkinan ke depan, tentu ada. Bukan hal yang mustahil, Anas menjadi capres meski segala keputusannya menjadi wewenang internal Demokrat nanti," kata Ichsan yang tak lain mantan anggota DPD RI ini.

Kader Demokrat asal Aceh, Teuku Riefky Harsya, mengungkapkan, terpilihnya Anas Urbaningrum menjadi ajang bagi konsolidasi bagi seluruh kader Demokrat. Terpilihnya Anas, ujarnya, makin menunjukkan Demokrat sebagai partai yang demokratis.

"Mas Anas adalah figur terbaik yang dipilih kader Demokrat. Dianggap yang lebih berhak memimpin partai. Yang diperlukan saat ini adalah menunjukkan kinerjanya bagi partai, berbuat nyata membuat partai ini menjadi lebih baik lagi," ujar Riefky.