Minggu, 02 Mei 2010

Islamofobia Bisa Merusak Hubungan Islam dan Barat


Istambul – Ketua Umum PP Muhammadiyah, Prof. Din Syamsuddin berpendapat bahwa benci terhadap Islam dan umat Islam (Islamofobia) memang menjadi fenomena dewasa ini, seperti ditunjukkan oleh kartun menghina Nabi Muhammad di Denmark, film Fitnah di Belanda, pelarangan jilbab di Perancis, dan pelarangan pembangunan menara masjid di Swiss. “Fenomena ini memang bisa merusak hubungan Dunia Islam dan Barat” kata Din melalui Pesan Singkat (SMS) dari Istambul, menghadiri pertemuan Tokoh Dunia Islam yang berakhir Selasa (27/04/2010) yang lalu.

Karena fenomena tersebut diatas, maka menurut Din sejumlah tokoh Islam dunia mendesak masyarakat di negara-negara Barat untuk menghentikan sikap. Karena sikap demikian hanya akan memperburuk hubungan antara Barat dan Dunia Islam. “Buruknya hubungan ini berpotensi berdampak negatif terhadap peradaban dunia.” Terang satu-satunya tokoh Islam dari Indonesia yang hadir dalam acara tersebut..

Pertemuan yang membahas isu-isu kontemporer yang dihadapi umat Islam itu dihadiri sekitar 50 tokoh dari beberapa negara Islam. (edi/arif)