Selasa, 04 Mei 2010

USU AKAN SALURKAN BEASISWA "BIDIK MISI" 2010


Medan, Universitas Sumatera Utara (USU) memberikan beasiswa sebesar Rp 10 juta/tahun kepada 500 mahasiswa miskin melalui "Program Beasiswa "Bidik Misi" 2010.

Beasiswa ini merupakan tindaklanjut kesepakatan kerja sama Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi (Dirjen Dikti) Kemendiknas dengan Rektor USU yang ditandatangani Desember tahun lalu.

Demikian disampaikan Rektor USU, Syahril Pasaribu, melalui Ketua Panitia "Program Beasiswa Bidik Misi", Sumono, di Kampus Padang Bulan, Rabu (28/4).

Rektor menjelaskan, untuk tahung anggaran 2010/2011, universitas yang dipimpinnya mendapat alokasi beasiswa kepada 500 orang. Beasiswa tersebut diberikan tiap semester dengan jumlah Rp 5 juta. Mahasiswa menerima beasiswa ini selama enam hingga delapan semester. Alokasi beasiswa itu juga diberikan untuk semua program studi dan departemen yang ada di USU.


Persyaratan penerima

Kepala Humas USU, Bisru Hafi MSi, menyebutkan, persyaratan penerima beasiswa ini adalah siswa SMA/sederajat yang lulus Ujian Nasional (UN) tahun 2010. Mereka berprestasi, berasal dari keluarga/wali miskin, memiliki prestasi akademik/kurikuler, ko-kurikuler maupun ekstra kurikuler yang diketahui kepala sekolah/pimpinan unit Pendidikan Masyarakat (Dikmas) kabupaten/kota, dan mencantumkan peringkat ke berapa dari jumlah siswa di kelasnya.

Untuk tata cara pendaftaran, calon mahasiswa harus memilih program pendidikan diploma III atau sarjana di USU. Kemudian, calon mahasiswa mengajukan usulan langsung kepada Rektor USU.

Usulan itu dilampiri berkas formulir pendaftaran yang bisa diunduh www.usu.ac.id atau www.dikti.go.id, atau www.kelembagaan.cikti.go.id, dilengkapi pas foto ukuran 3x4 sebanyak tiga lembar, fotokopi kartu tanda siswa (KTS), fotokopi rapor semester 1 hingga 5 disertai surat keterangan tentang peringkat siswa di kelas, dan bukti pendukung prestasi lain di bidang keilmuan/akademik yang disahkan kepala sekolah/pimpinan unit Dikmas.

Berkas lainnya adalah fotokopi Kartu Keluarga Miskin. Bagi yang tidak memilikinya, sambung Bisru, bisa dengan menyertakan surat keterangan penghasilan orang tua/wali atau surat keterangan tidak mampu yang dapat dibuktikan kebenarannya yang dikeluarkan kepala desa/kepala dusun atau instansi tempat orang tua bekerja.

Berikutnya melampirkan fotokopi kartu keluarga dan bukti pendukung lain seperti fotokopi rekening listrik bulan terakhir (apabila tersedia) atau bukti pembayaran PBB dari orang tua/walinya.

Selain itu, juga harus mendapat rekomendasi dari kepala sekolah/pimpinan unit Dikmas yang menyatakan bahwa pendaftar merupakan siswa berprestasi dari keluarga miskin, dan melampirkan fotokopi tanda peserta mengikuti salah satu ujian masuk USU baik melaui jalur UMB, SNMPTN atau SPMPD Tahun 2010.

"Permohonan ditujukan kepada Rektor USU dan disampaikan melalui Tim Pengelola Beasiswa Bidik Misi pada Bagian Tata Usaha USU di Biro Rektor, Lantai 3 Kampus USU Medan," terangnya.

Tiga tahap

Bisru mengatakan, sesuai jadwal yang diterimanya panitia, USU akan menerima usulan pendaftaran program beasiswa ini melalui tiga tahapan. Tahap pertama, pendaftaran hingga 10 Mei 2010 dan seleksi 11-15 Mei dan pengumuman 17 Mei 2010.

Tahap kedua, seleksi hingga 1 Juni, seleksi pada 3-8 Juni 2010, dan pengumuman pada 10 Juni 2010. Terakhir, tahap ketiga pendaftaran dibuka sampai 24 Juli 2010, seleksi pada 25-29 Juli 2010, dan pengumuman 31 Juli 2010.

"Calon mahasiswa yang dapat diterima sebagai penerima Program Beasiswa Bidik Misi apabila yang bersangkutan dinyatakan lulus di USU melalui jalur penerimaan UMB, SNM-PTN atau SPMPD pada tahun ini," demikian Bisru. (gas/ANS)