Rabu, 12 Mei 2010

Rektor Baru UMSU Dilantik PP Muhammadiyah



Medan - Ketua Majelis Pendidikan Tinggi, Penelitian dan Pengembangan (Diktilitbang) PP Muhammadiyah, DR Chairil Anwar , Jum’at (07/05/2010) melantik Drs Agussani MAP sebagai Rektor Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) masa jabatan 2010-2014. Hadir juga Ketua PP Muhammadiyah, Prof Malik Fajar, pada acara yang berlangsung di Auditorium Kampus Terpadu UMSU Jl Kapten Mukhtar Basri No 3 Medan.

Menurut berita yang dirilis www.umsu.ac.id , Ketua PP Muhammadiyah, Prof DR HA Malik Fajar, yang mantan Menteri Pendidikan Nasional dan Menteri Agama RI ini, mengharapkan agar di bawah kepemimpinan Agussani, UMSU mampu mempertahankan mottonya yakni Perguruan Tinggi yang Unggul, Cerdas dan Terpercaya. Menurutnya motto ini sangat menarik, karena itu UMSU harus dapat menciptakan lulusan yang memiliki ketiga ciri-ciri itu dan mampu menjaga kepercayaan masyarakat. Karena sekali saja berbuat yang salah khususnya di bidang akademik, berakibat kepercayaan masyarakat akan hilang selamanya

Sementara itu Drs Agussani MAP dalam kata sambutannya mengucapkan terima kasih kepada para pendahulunya, terutama H Bahdin Nur Tanjung, SE MM yang telah sukses membuat UMSU berkembang dan maju. Agussani juga berjanji akan melanjutkan program sebelumnya, termasuk mencari sumber keuangan baru seperti mengusahakan memperoleh anggaran pendidikan dari APBD Sumut.

Diakuinya tugas yang diamanahkan kepadanya tidak ringan karena adanya tuntutan dari PP Muhammadiyah agar UMSU tidak hanya bertahan tetapi mampu berkembang di era globalisasi yang penuh persaingan ketat termasuk di sektor Pendidikan Tinggi dengan banyaknya dibuka Perguruan Tinggi Swasta baru di Medan. Sedangkan Perguruan Tinggi Negeri juga membuat bermacam-macam terobosan saling berlomba-lomba untuk mendapatkan mahasiswa baru.

Sebelumnya dalam sambutan tersebut Agussani mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang selama ini membantu UMSU, seperti Pemerintah melalui Dirjen Dikti Depdiknas yang memberikan peluang bebagai hibah kompetisi kepada dosen UMSU. Juga atas berbagai bantuan yang telah diberikan Pemprov SUMUT dan bimbingan dari Kopertis Wilayah I Sumut/NAD serta pihak-pihak lain yang telah menjalin kerjasama dengan UMSU dalam berbagai program.

Ikut menyaksikan acara tersebut Ketua PWM Sumut Drs H Dalail Ahmad MA, Pengurus Aisyiyah, Pemuda Muhammadiyah dan ortom Muhammadiyah lainnya di tingkat Propinsi Sumut ikut menghadirinya. Demikian juga Koordinator Kopertis Wilayah I Sumut/NAD Prof DR Zainuddin M.Pd, mantan Rektor UMSU H Bahdin Nur Tanjung SE MM, para Wakil Rektor dan Dekan Fakultas beserta dosen.

Hadir juga jajaran Pimpinan Program Studi Pascasarjana UMSU beserta dosen, Pengurus BPH UMSU, Ka Biro Humas Anwar Bakti beserta Ka Biro lainnya di lingkungan UMSU, BEM UMSU dan BEM Fakultas se-UMSU, para alumni UMSU dan undangan lainnya.

Pelantikan dilakukan usai Wakil Rektor II UMSU H Suhrawardi K Lubis SH SpN MH membacakan SK PP Muhammadiyah yang isinya memberhentikan Drs H Dalail Ahmad MA dari jabatan Rektor UMSU sebelumnya dan SK pengangkatan Drs Agussani MAP sebagai Rektor UMSU Masa Jabatan 2010-2014. (arif)