Sabtu, 01 Mei 2010

8 PEREMPUAN TERIMA PENGHARGAAN KARTINI AWARDS


Jakarta - Delapan perempuan yang dinilai telah memberikan inspirasi bagi masyarakat menerima penghargaan Kartini Awards, Jumat (30/4).

Acara yang berlangsung di Balai Kartini, Jakarta, itu dihadiri Ny Ani Yudhoyono. Pemberian penghargaan itu telah berlangsung sebanyak tiga kali sejak tahun 2008.

Kedelapan perempuan tersebut memiliki latar belakang keahlian yang beragam. Mereka adalah Eni Khaerany (politisi), Vivi Andasari (penemu dan peneliti), Nancy Go (profesi), Siti Aminah (perempuan dan kesehatan), Denny Hidayati (pendidikan), Maria Louisa Mariani (sosial), Sri Murniati Djamaludin (lingkungan), serta Sri Wuryaningsih (perempuan dan anak).

Kartini Awards juga memberikan penghargaan khusus berupa Citra Perempuan Indonesia untuk perempuan yang dinilai sukses dalam berkarier dan berkeluarga. Penerima penghargaan itu adalah Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Linda Amalia Sari.

Dalam sambutannya, Ny Ani Yudhoyono mengajak perempuan Indonesia untuk lebih meningkatkan peran mereka dalam membangun negara. ”Dewasa ini sudah banyak perempuan yang berkiprah di berbagai bidang, bahkan menempati posisi khusus. Namun, dibandingkan dengan semua perempuan yang jumlahnya setengah dari penduduk Indonesia, peranan perempuan untuk pembangunan masih harus ditingkatkan,” ujarnya.

Ketua Panitia Kartini Awards Endang Wardiningsih mengatakan, jumlah 38 nomine pada tahun ini menurun dibandingkan dengan tahun sebelumnya yang mencapai 100 nomine. Hal ini terjadi karena sulit untuk menemukan sosok yang memenuhi kriteria inspiratif.

Penghargaan juga diberikan kepada tujuh finalis lomba rancang kebaya yang dimenangi Joana Fransiska, dengan tema ”Rancangan Suku Dayak”. (IYA/kps)