Sabtu, 29 Mei 2010

Dua Mesjid Ahmadiah Diserang di Lahore


Lahore, Tentara dan sejumlah warga Pakistan berlindung saat terdengar tembakan saat serangan di sebuah di Lahore, Pakistan, Jumat (28/5).

Sedikitnya 70 jemaah tewas dalam serangan terhadap dua mesjid milik sebuah sekte minoritas di kota Lahore, Pakistan Timurlaut, Jumat (28/5)

Rizwan Naseer, direktur dinas ambulans menjelaskan 70 jenazah telah dibawa ke rumah sakit di Lahore, ibukota kebudayaan Pakistan. Orang-orang bersenjata melepaskan tembakan tak lama setelah shalat Jumat dan melemparkan granat-granat ke arah dua mesjid yang dihadiri oleh para pengikut Ahmadiah, sekte minoritas di Pakistan berpenduduk mayoritas Muslim.

Sebelumnya dilapokan orang-orang bersenjata sempa menyandera beberapa di antara jemaah yang berkumpul untuk shalat Jumat di setidaknya satu gedung dan menyebabkan beberapa korban, kata seorang pejabat.

Mesjid yang menjadi sasaran adalah satu yang berlokasi di kawasan Model Town, tempat seorang pembom mobil bunuh diri menyerang Maret lalu, dan mesjid kedua di kawasan yang sangat padat di Garhi Shahu. Dua mesjid itu diperuntukkan para anggota sekte Ahmadah.

"Para teroris menyerang dua mesjid. Mereka melepaskan tembakan dan menggunakan granat. Mereka menyandera beberapa jemaah di dalam mesjid," kata pejabat pertahanan sipil distrik Muzha Ahmed kepada AFP melalui telepon dari lokasi kejadian di Garhi Shahu.

"Tim saya memberitahu saya beberapa orang tewas dan beberapa lainnya cedera,tapi saya tidak menerima keterangan mengenai jumlah pasti," tambah Ahmed.

Amjad Iqbal, perwira polisi yang berada di Garhi Shahu menjelaskan kepada AFP melalui telepon banyak orang dikhawatirkan tewas.

"Tembakan masih terus berkobar. Para penyerang berada di atap mesjid itu dan mereka menembak ke arah seorang polisi. Salah seorang penyerang jatuh dari atap," katanya. (Rtr/AFP/hr/ans)