Kamis, 20 Mei 2010

RATUSAN IBU HAMIL DAN BALITA TERIMA LAYANAN KESEHATAN


Medan, Ratusan Ibu hamil dan ribuan balita menerima pelayanan kesehatan yang digelar PT. PP London Sumatera Indonesia (Lonsum) di Balai Pengobatan Kongsi Empat, Begerpang Estate, Bangun Purba, Senin (17/5). Selain mendapatkan pemeriksaan kesehatan, mereka juga menerima obat-obatan, susu, dan vitamin.

"Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk kepedulian Lonsum terhadap masyarakat yang tinggal di sekitar perusahaan," ungkap Head Department Enverionment & CSR Coordination Health & Safety PT Lonsum Bambang Dwilaksono didampingi Syamsul Bahri kepada Analisa di sela-sela menggelar kegiatan tersebut.

Dikatakan, layanan peduli kesehatan itu melibatkan 500 ibu hamil dan 1.500 balita dari sejumlah desa di empat kecamatan, di Kabupaten Deli Serdang. Di antaranya, Kecamatan Tanjung Morawa, Bangun Purba, Galang, dan STM Hilir.

Hadir dalam kegiatan memperingati Hari Kesehatan Sedunia (April 2010) tersebut, GM Serdang Ir. Win Alamsyah, Manajer Begerpang Estate Ir. Usul, Askep Ir. Sri Hardono, Asisten Ir. Zul Adenan, Sekcam Bangun Purba Kurnia B. Sinaga, dan Kades Begerpang M. Nawawi.

Di tempat sama, Syamsul Bahri mengatakan, layanan kesehatan bagi ibu hamil itu khususnya pada pemeriksaan tensi darah, pemeriksaan gula darah, tes darah (HB), dan USG. Sedangkan bagi balita, tim dokter dari Lonsum (di antaranya dokter spesialis kandungan) yang bekerjasama dengan pihak Puskesmas setempat memeriksa kesehatan para balita.

Selain pemeriksaan kesehatan, kepada ibu hamil juga diberikan vitamin tambahan dan obat-obatan. Demikian halnya, khusus untuk balita diberikan vitamin, susu, makanan kesehatan, dan pengobatan secara gratis. "Kami tidak menduga, antuasias warga untuk mendapatkan layanan kesehatan demikian besar."

Program CSR

Syamsul Bahri menambahkan, kecuali di Begerpang, kegiatan yang sama juga digelar di 11 estate yang terkonsentrasi di enam kabupaten lainnya. Terdiri, Kabupaten Langkat, Medan, Serdang Bedagai, Asahan, Labuahan Batu Selatan, dan Kabupaten Batu Bara. "Rangkaian pelayanan kesehatan ini merupakan bagian program CSR yang kami laksanakan," ungkap Syamsul Bahri sembari mengimbuhkan pada 2010 sejumlah program CSR juga dilaksanakan perusahaan asing itu.

Di antaranya pada bidang pendidikan berupa pemberian beasiswa kepada anak-anak berprestasi yang berdomisili di sekitar perkebunan Lonsum, bantuan komputer, pelatihan guru TK, bantuan honorarium guru swasta, perbaikan geduang SD, dan bantuan mobiler sekolah. Bidang lainnya, yakni pembangunan infrastruktur jalan dan jembatan, bantuan alat dan menjadi sponsor dalam bidang olahraga, dan pada bidang keagamaan berupa pelaksanaan MTQ, rehabilitasi rumah ibadah, bantuan paket natal dan tahun baru, serta paket lebaran kepada masyarakat sekitar kebun Lonsum.

Kepada ratusan ibu hamil dan warga yang hadir, Manajer Begerpang Estate Ir. Usul menyampaikan ucapkan terima kasih atas partisipasi masyarakat. "Saya yakin, dengan kepedulian Lonsum ini akan memberikan manfaat besar bagi warga sekitar. Sehingga masyarakat juga akan merasa memiliki dan turut menjaga keberadaan PT Lonsum di sekitar tempat tiggalnya."

Seorang ibu hamil yang menerima pemeriksaan itu, Evi Susanti (32) warga Desa Naga Timbul, Tanjung Morawa saat ditemui Analisa di lokasi tersebut mengaku sangat beruntung dengan adanya pemeriksaan gratis itu. Sebab meskipun usia kandungannya sudah 6 bulan, ia baru pertama kali itu di-USG, sehingga ia mengetahui persis kondisi kandungannya. "Biasanya secara rutin saya memeriksakan kandungan ini pada bidan di desa. Dengan adanya USG ini, saya baru tahu kalau ternyata kandungan dalam kondisi sungsang (tidak normal," tandasnya. (rio)