Jumat, 23 Juli 2010

Jusuf Kalla Pimpin Palang Merah Asia Tenggara


Jakarta, Ketua Umum Palang Merah Indonesia (PMI) Jusuf Kalla dipercayakan untuk memimpin forum Palang Merah dan Bulan Sabit Merah se-Asia Tenggara. "Kita memutuskan bahwa Palang Merah se-Asia Tenggara harus ada koordinatornya," kata Jusuf Kalla di Jakarta, Kamis.

Pertemuan "South East Asia Leaders Meeting 2010" merupakan pertemuan kelima dengan menargetkan suatu deklarasi yang disebut Deklarasi Jakarta. Pertemuan tersebut dihadiri ketua dan sekretaris jenderal Palang Merah dan Bulan Sabit Merah dari 11 negara, yaitu Indonesia, Malaysia, Singapura, Brunei Darussalam, Kamboja, Laos, Mnyanmar, Pilipina, Thailand, Vietnam dan Timor Leste.


Deklarasi Jakarta yang bertujuan memperkuat komitmen Palang Merah dan Bulan Sabit Merah di kawasan subregional se-Asia Tenggara dalam merancang aksi konkret untuk mengimplementasikan kebijakan Strategi 2020, berisi enam butir pernyataan sikap.

Butir pertama yaitu kerjasama dalam implementasi Strategi 2020. Strategi tersebut di antaranya menyelamatkan hidup dan memperkuat pemulihan masyarakat dari bencana dan krisis. Selain itu strategi tersebut juga mendorong kehidupan yang lebih aman dan lebih sehat serta menyediakan bantuan lebih baik bagi kaum yang termarginalkan, dan mempromosikan keterlibatan sosial dan kontribusi terhadap perdamaian.(Ant)