Senin, 05 Juli 2010

Varia Muktamar 1 Abad: Pagi Ini, 13 Pimpinan Pusat Muhammadiyah Ditentukan


Yogyakarta – Pagi ini, Senin (05/07/2010) pukul 08.00 WIB, anggota Muktamar Muhammadiyah yang berjumlah 2300 orang akan melakukan pemilihan 13 anggota Pimpinan Pusat periode 2010 – 2015 di Sportorium Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

Ahad Malam (04/07/2010), Sekretaris Panitia Pemilihan Anggota PP Muhammadiyah Budi Setiawan, menjelaskan bahwa Panitia Pemilihan terlah siap menyelenggarakan pemilihan setelah Rapat Pembagian tugas dan persiapan teknis yang akan dipersiapkan untuk acara pemilihan dalam Sidang Pleno III.

Tahap pertama yang dilakukan menurut Budi adalah proses pemilihan pimpinan dengan mengisi Kartu suara yang harus diisi 13 nama berbeda dari 39 nama yang telah menjadi calon tetap yang ditentukan pada Tanwi, 1 Juli 2010 yang lalu.Selanjutnya kartu suara dimasukkan dalam Kotak Suara yang sebelumnya sudah disiapkan oleh panitia lengkap dengan Bilik Suaranya.

Proses perhitungan suara akan dilakukan pada hari ini juga diluar acara persidangan dan akan diawasi oleh 10 saksi terkait. “ Kegiatan ini tidak tertutup untuk publik, pers pun bisa meliputnya asal tidak menggangu jalannya proses perhitungan suara. Panitia pun sudah menyiapkan Layar datar LCD dan Televisi untuk menyiarkan proses penghitungan suara tersebut, “ terang Budi Setiawan.

Dalam Muktamar Muhammadiyah ini, peserta dibedakan menjadi dua, anggota Muktamar dan peninjau Muktamar. Anggota Muktamar yang terdiri dari PP Muhammadiyah dan Utusan Wilayah dan Daerah adalah yang memiliki hak suara berjumlah 2300 orang, sedangkan selebihnya yang berjumlah sekitar 500 orang adalah peserta dan peninjau yang tidak memiliki hak suara, hanya hak bicara. (arif)