Selasa, 06 Juli 2010

Sepakati Pilih Lima Formatur, Pemilihan Anggota PP Aisyiyah Dimulai


Yogyakarta - Keputusan Sidang Tanwir III Aisyiyah yang menyatakan pemilihan anggota PP Aisyiyah 2010-2015 menggunakan sistem formatur dengan memilih lima orang formatur akhirnya disepakati oleh Muktamar Aisyiyah ke-46 pada pagi ini, Selasa (06/07/2010) di Graha Wanabhaktiyasa.

Hal ini berarti anggota Muktamar tidak akan memilih secara langsung 13 anggota PP Aisyiyah seperti yang telah digunakan Muktamar Muhammadiyah, tetapi hanya memilih lima formatur yang nantinya kelima orang tersebut akan membentuk kepengurusan PP Aisyiyah 2010-2015.

Dalam penjelasannya, Siti Aisyah, M.Ag. selaku ketua Panitia Pemilihan menjelaskan bahwa setiap anggota Muktamar diminta memilih lima nama dari ke-40 nama yang ada. “Cara memilihnya dengan mencentang lima nama, tidak boleh kurang tidak boleh lebih”, papar Siti Aisyah pada peserta Muktamar.

Lebih lanjut ia menjelaskan pemungutan dan penghitungan suara akan diawasi oleh saksi-saksi. Untuk pemungutan suara, setiap TPS akan diawasi oleh tiga orang saksi, dua dari perwakilan Pimpinan Wilayah Aisyiyah (PWA) dan satu dari Badan Pembantu Pimpinan PP Aisyiyah. Total TPS berjumlah enam buah.


Untuk penghitungan suara, rencananya akan dilaksanakan siang nanti di Kampus I UAD. Sedangkan saksi untuk pemungutan suara menggunakan jumlah dan pembagian yang sama dengan pemungutan suara. Sebelum dimulai pemilihan, panitia pemilihan memperkenalkan satu per satu calon anggota PP Aisyiyah 2010-2015. (haqqi)