Senin, 26 Juli 2010

Tim IMM UGM Raih Medali Emas pada PIMNAS 2010


Denpasar - Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) XXIII yang berlangsung di Universitas Mahasaraswati, Denpasar, Bali pada tanggal 20-23 Juli 2010 telah usai dengan memberikan salah satu medali emas pada tim dari Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah Universitas Gadjah Mada (IMM UGM). Dengan mengambil judul Humanisasi Candi, mereka berhasil meraih salah satu dari tiga medali emas untuk kategori Gagasan Tertulis.

Tim IMM UGM tersebut terdiri dari Ari Hendra Lukmana, Mahasiswa Jurusan Arkeologi yang saat ini menjadi Ketua Umum Pimpinan Komisariat (PK) IMM Ibnu Khaldun UGM, Ghifari Yuristiadhi, mahasiswa Jurusan Ilmu Sejarah yang saat ini menjadi Ketua Lembaga Media dan Opini di komisariat yang sama, serta Qolbiyati Muthmainah, mahasiswi Jurusan Arsitektur yang sebelumnya pernah aktif di PK IMM Al-Khawarizmi UGM dan saat ini telah naik ke Pimpinan Cabang IMM Bulaksumur-Karangmalang.


Mereka mengikuti kategori Gagasan Tertulis yang diikuti 60 finalis yang telah terseleksi dari Pekan Kreatifitas Mahasiswa (PKM) di masing-masing universitas. Gagasan yang mereka adalah Humanisasi Candi dengan mengambil studi kasus Candi Pustakasala yang ditemukan akhir tahun 2009 lalu di lokasi pembangunan perpustakaan Kampus Terpadu Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta. Mereka menawarkan pendekatan kontekstualisme dan infill design pada arsitektur perpustakaan agar menyatu dengan candi. “Inti gagasan kami adalah agar candi tidak lagi mempunyai kesan angker, ada interaksi positif dengan lingkungan, dan dapat memberikan nilai pendidikan”, papar Ghifari Yuristiadhi.

Lebih lanjut, melalui pesan singkat yang dikirim dari Bali pada Sabtu (24/07/2010) pagi, Ghifari mengharapkan agar prestasi ini dapat memicu kader-kader IMM untuk aktif mengikuti kompetisi-kompetisi mahasiswa. “Ajang seperti PIMNAS ini dapat menjadi salah satu jalan mengasah intelektualitas dan kreatifitas kader IMM, mestinya kita jangan hanya menjadi penonton”, ungkapnya. (haqqi)