Jumat, 02 Juli 2010

MUI Akan Keluarkan Sejumlah Fatwa pada Munas


Jakarta, Majelis Ulama Indonesia akan mengeluarkan sejumlah fatwa dalam Musyarawah Nasional dan peringatan HUT ke-35 pada 25-28 Juli 2010, di Jakarta.

"Dalam Musyawarah Nasional nanti, kita akan mengeluarkan sejumlah fatwa terkait dengan maraknya sejumlah peristiwa yang saat ini terjadi di tengah masyarakat," kata Sekretaris Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) Ichwan Sam, kepada pers di Istana Wapres Jakarta, Kamis.

Hal tersebut dikemukakan usai Ichwan Sam bersama jajaran MUI bertemu dengan Wapres Boediono terkait penyelenggaraan Munas yang rencananya Presiden Susilo Bambang Yudhoyono akan membuka munas dan Wapres akan menutup.


Menurut Ichwan, sejumlah fatwa yang akan dikeluarkan antara lain soal tato, fatwa tentang pembuktian terbalik dalam pandangan Islam, vaksin miningitis serta fatwa pembentukan lembaga yang menyiapkan organ tubuh.

Munculnya permintaan fatwa tersebut, katanya, adalah karena adanya pertanyaan masyarakat terhadap MUI untuk segera menetapkan fatwa terkait masih adanya kebingungan. "Kami tidak pernah mengeluarkan fatwa terhadap sesuatu, tapi fatwa ada karena adanya pertanyaan dari masyarakat," katanya.

Terkait dengan telah dikeluarkannya sertifikasi halal oleh MUI, dia mengatakan, pihaknya mengatakan setidaknya sudah ada lebih 2.800 produk yang telah mendapat sertifikasi halal. Produk yang sudah mendapat sertifikasi halal antara lain meliputi makanan, minuman, kosmetika, obat-obatan serta bahan pendukung.(Ant)