Minggu, 04 Juli 2010

‘’Aisyiyah – Menhut : MOU Kerjasama Kebun Bibit Rakyat


Yogyakarta – Sabtu Siang (03/07/2010), dihadapan Penasehat PP Muhamadiyah Prof. Amien Rais, nota kesepahaman antara 'Aisyiyah dan menteri kehutanan telah ditandatangani. Setelah melakukan penandatangan, Zulkifli hasan berbicara tentang perubahan iklim dan pemanasan global di Graha Wana Bhakti Yasa Kompleks Otoritas Kapas, Yogyakarta.

Pemanasan global dan perubahan iklim bukanlah isu, tetapi merupakan sebuah fakta, hal tersebut disampaikan oleh mentri kehutanan, Zulkifli Hasan di acara Tabligh Akbar 'Aisyiyah tersebut. Zulkifli melanjutkan bahwa jika musim berpesta telah usai, sudah cukup untuk melakukan eksploitasi hutan, dan yang harus dilakukan saat ini adalah melakukan rehabilitasi dengan melakukan penanaman pohon sebanyak-banyaknya untuk mengganti pohon yang telah ditebang paksa.

Nota kesepahaman antara 'Aisyiyah dan kementrian kehutanan berupa kerjasama, pemerintah mengajak 'Aisyiyah untuk bergabung dalam program penanaman 1 miliar pohon dengan tidak cuma-cuma, Zulkifli menerangkan bahwa pemerintah dan 'Aisyiyah mengadakan program yang bernama kebun bibit rakyat atau KBR. “Dalam program KBR, pemerintah akan memberikan dana 50 juta kesetiap kelompok ibu-ibu yang akan melakukan pembibitan, caranya pun idak akan dipersulit oleh pemerintah, cukup datang ke kabupaten atau kota untuk mendaftarkan kelompok, lalu dikirimkan ke kementrian kehutanan, maka dana akn langsung turun”, jelas Zul.

Pada bulan Agustus, benih akan disemai, kemudian pada Bulan Desember pohon akan ditanam, menurut Zul, pendanaan tidak akan berhenti sampai pada pemberian benih saja, namun pemerintah juga menyediakan dana sebesar Rp. 1,3 juta untuk biaya perawatan selama 6 bulan. Zul melanjutkan, rehabilitasi besar-besaran untuk penanaman pohon tidak dapat dikatakan sukses jika tidak memberikan efek kesejahteraan dan kemakmuran bagi masyrakat disekitar kawasan sekitar penanaman pohon.

Diakhir, zul menambhakan , bahwa dengan gerakan menanam pohon Insya Alloh kawasan akan menjadi lestari dan sejahtera. (QQ)