Jumat, 02 Juli 2010

Kapolda: Jangan Lagi Ada Darah dan Airmata di Kantor Polisi


Medan, Kapolda Sumut Irjen Pol Drs Oegroseno SH kembali menegaskan prinsipnya jangan sampai ada lagi darah dan air mata di kantor Polisi. "Polisi harus dapat tampil sebagai pelayan masyarakat dan bekerja profesional. Kinerja polisi harus terus diawasi. Kita selalu siap menerima masukan dan kritik membangun," ujarnya

usai HUT ke-64 Bhayangkara di Mapolda Sumut, Kamis (1/7) pagi.

Dia menyatakan, masyarakat yang berdekatan dengan polisi harus merasakan keamanan dan kenyamanan jangan malah sebaliknya.

Sementara, dalam amanat Kapolri Jenderal Bambang Hendarso Danuri dengan tema "Membangun Karakter Melalui Kepemimpinan yang Unggul, Kemitraan, Profesional dan Etika Prima" yang dibacakan Kapolda, diharap dijadikan momentum intropeksi diri, sejauhamana Polri mengabdikan diri bagi nusa dan bangsa. Selain itu, juga sebagai dasar representasi dari tekad dan semangat Polri melakukan metamorfosis untuk merubah diri menuju lebih profesional, bermoral dan modern melalui program reformasi.

Transisi

Dalam amanat itu disebutkan, selain perubahan reformasi birokrasi di tubuh Polri untuk membentuk karakter jatidiri insan Bhayangakara sejati, juga menjalin kemitraan dalam rangka sinergi polisi yang proaktif juga turut dilakukan. Serta Polri berada pada masa transisi kepemimpinan dimana beberapa pejabat strategis sudah dan akan mengakhiri masa pengabdiannya untuk dilanjutkan generasi penerus.

Dengan tuntutan perubahan di tubuh Polri tersebut, Polri juga bertanggungjawab mewujudkan keamanan dalam negeri, responsif terhadap berbagai perubahan yang terjadi dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Asas transparansi dan akuntabilitas publik dalam upaya mewujudkan good governance and clean government merupakan syarat mutlak yang harus dijadikan landasan dalam berbagai kebijakan dan strategi Polri agar dapat menjawab harapan dan tuntutan masyarakat.

Juga dikatakan, kinerja Polri dalam melaksanakan tugas dan pengabdian masih belum sempurna banyak yang perlu diperbaiki dan lebih ditingkatkan. "Kritikan dari berbagai pihak atas kinerja Polri hendaknya disikapi dengan arif dan bijaksana serta dijadikan bahan renungan.

Hadir dalam acara itu, Pangdam I Bukit Barisan Mayjen TNI Leonardus Siegers, Gubsu Syamsul Arifin dan sejumlah undangan lain. (hen/ans)