Kamis, 01 Juli 2010

Hari ini Tanwir Muhammadiyah Tetapkan Calon Formatur PP Muhammadiyah


Yogyakarta- Setelah beberapakali melalui tahapan seleksi, panitia pemilihan akhirnya akan membawa 124 nama calon formatur Pimpinan Pusat Muhammadiyah ke anggota Tanwir Muhammadiyah ayang akan dilaksanakan besok 1 Juli 2010.

Demikian disampaikan sekretaris panitia Pemilihan Pusat Muhammadiyah Budi Setiawan, di sela acara latihan Kethoprak menyambut Muktamar Muhammadiyah ke 46, Rabu (30/06/2010). Menurut Budi, pada konferensi pers sebelumnya, ada 125 nama yang akan dibawa ke Tanwir, tetapi dengan perkembangan proses seleksi, ada nama yang akhirnya dicoret dari daftar calon.


“Ada satu nama yang akhirnya dicoret dari daftar nama calon, sehingga sekarang sudah pasti ada 124 nama yang akan dibawa ke anggota Tanwir. Nama calon yang dicoret tersebut menurut Budi Setiawan adalah Andi Nurpati, “Andi Nurpati tidak mengembalikan formulir kesediaan untuk tidak merangkap jabatan pada Partai Politik, sehingga panita mencoret namanya,” jelasnya.

Lebih lanjut menurut Budi, 124 nama calon ketua umum tersebut nantinya akan dipilih oleh 192 orang anggota Tanwir, yang terdiri dari 165 orang utusan wilayah, 14 orang utusan Ortom, dan 13 Pimpinan Pusat Muhammadiyah. Sesuai mekanisme pemilihan nanti, 124 nama akan dipilih sebanyak 39 pada pemilihan pertama, dan akhirnya akan dipilih 13 besar pada tanggal 5 Juli 2010 nanti. Setiap pemilih nantinya, akan memilih sebanyak 13 nama calon Pimpinan Pusat Muhammadiyah. (mac)