Kamis, 08 Juli 2010

Keihlasan, adalah Modal Utama 'Aisyiyah


- Ajaran K.H Ahmad Dahlan dalam kehidupan sehari-hari menjadi implementasi utama untuk diwujudkan dan dituangkan oleh organisasi ‘Aisyiyah. Demikian disampaikan Ketua Umum PP ‘Aisyiyah, Prof. Dr. Hj. Siti Chamamah Soeratno dalam jumpa pers bertema “Implementasi Pemikiran K.H Ahamad Dahlan”, di BPPTK, Rabu (07/07/2010).

Menurutnya, keihlasan adalah implementasi utama dalam organisasi Aisyiyah karena badan amal usaha yang di bangun oleh 'Aisyiyah berasal dari hati keikhlasan anggotanya untuk meraih kesuksesan. Hal ini seperti dikutip dari buku yang menuliskan "manusia itu semua mati (perasaan) kecuali ulama dan ulama itu dalam kebingungan kecuali beramal dan yang beramal dalam kekhawatiran kecuali ikhlas".



K.H Ahmad Dahlan juga mengajarkan ‘Aisyiyah tentang Islam dan Sosialisme yang perhatian atau peka terhadap fenomena sosial dimana kepedulian sosial 'Aisyiyah sangat banyak dengan mendirikan panti asuhan dan lansia, penggerak gerakan keluarga Qoriah dan Thayibah sakinah, termasuk isu penanganan trafficking dan kekerasan perempuan serta anak yang sedang hangat saat ini.

Selain itu, Jihad merupakan bagian ajaran KH. Ahmad Dahlan yang dalam implementasinya adalah dengan bekerja sungguh-sunggu dan semangat berkorban seperti secara ikhlas memberi bantuan ke sekolah atau badan usaha amal yang lainnya. Chamamah pun mengutip perkataan Nyi Ahmad Dahlan untuk jangan malas dan kikir. Nama ‘Aisyiyah sendiri dipilih karena KH Ahmad Dahlan kagum dengan keteladanan Siti Aisyiyah yang intelek, mepunyai militansi kuat dan berani.(tya)