Jumat, 16 Juli 2010

Dua Desa di Sergai Ditetapkan sebagai Desa Ramah Anak


Perbaungan, Setelah Kabupaten Serdang Bedagai meraih prestasi sebagai salah satu dari 10 besar Kabupaten/Kota "Layak Anak" pada tahun 2009 di Indonesia dan memperoleh penghargaan dari Presiden RI, maka pada tahun 2010 Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI menetapkan Kabupaten Sergai sebagai lokasi pilot project pelaksanaan "Desa/Kelurahan Ramah Anak".

Dengan penetapan sebagai pilot project Desa/Kelurahan Ramah Anak itu, maka pada tahun 2010 dua Desa/Kelurahan di Sergai yakni Kelurahan Melati I dan Desa Cinta Air Kecamatan Perbaungan ditetapkan menjadi Desa/Kelurahan Ramah Anak. Sejak beberapa bulan lalu telah dilakukan pembinaan oleh tim Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak dari Jakarta.


Hal itu diungkapkan Bupati Sergai HT Erry Nuradi pada upacara peringatan Hari Anak Nasional tahun 2010 tingkat Kabupaten Sergai yang dilaksanakan di lapangan Simpang Tiga Perbaungan, Rabu (14/7) yang dihadiri ribuan anak dan para orangtua dari seluruh kecamatan di Kabupaten Sergai.

Dengan ditetapkannya Kelurahan Melati I dan Desa Cinta Air Kecamatan Perbaungan sebagai pilot project Desa/Kelurahan Ramah Anak maka ke depan tidak menutup kemungkinan kedua desa dan kelurahan tersebut akan dikunjungi tamu-tamu dari daerah lain sekaligus mendapatkan nilai tambah sendiri bagi daerah ini, kata Bupati.

Menurut Bupati, ditetapkannya Kabupaten Sergai sebagai lokasi pilot project pelaksanaan Desa/Kelurahan Ramah Anak adalah merupakan kebahagiaan bagi seluruh masyarakat Sergai sekaligus menjadi tantangan dan motivasi bagi seluruh pemangku kepentingan termasuk para orangtua untuk dapat memberikan perhatian yang lebih baik lagi terhadap kepentingan anak-anak di Kabupaten Sergai.

Pemkab Sergai akan terus berupaya memberikan perhatian dalam memajukan dan meningkatkan kualitas sumber daya anak-anak Sergai melalui jalur pendidikan.

Pada tahun 2005 jumlah lembaga Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan Taman Kanak-kanak (TK) baru 90 unit dan sampai tahun 2009 jumlah PAUD dan TK di Sergai sudah mencapai 250 unit, ungkap Bupati.

Peningkatan pembangunan lembaga pendidikan PAUD maupun Taman Kanak-kanak itu karena sejak awal Pemkab Sergai komit dan peduli untuk memberikan perhatian bagi kepentingan dan kemajuan anak-anak di seluruh Kabupaten Sergai, tambah Bupati.

Peringatan Hari Anak Nasional yang ditandai dengan atraksi anak-anak, temu wicara dan penyerahan bantuan buku-buku serta alat permainan edukatif itu dihadiri juga Ketua DPRD Sergai H Azmi Yuli Sitorus SH MSP, Kapolres Sergai AKBP Drs Eri Safari, Wakil Bupati H Soekirman, Kasdim 0204/DS Mayor Inf Budi Kurniawan, Sekdakab Sergai Drs H Haris Fadillah MSi, Ketua TP PKK Ny. Hj Evi Diana, Ketua DPC GOPTKI Ny. Hj Marliah Soekirman, Ketua DWP Ny.Hj Imas Haris Fadillah, Kabag Bina Mitra Polresta Tebing Tinggi Pengurus Persit KCK Cabang 30 Kodim 0204/DS, Pengurus Bhayangkari Polres Sergai, Ketua MUI Sergai H Lukman Yahya para pejabat Pemkab Sergai, Camat dan unsur Muspika Perbaungan.

Dari beberapa hasil temu wicara antara Bupati, Wakil Bupati, Kapolres, Kasdim 0204/DS dengan anak-anak yang mengenakan pakaian berbagai uniform pejabat pemerintahan sipil, militer maupun pakaian adat Bhinneka Tunggal Ika terungkap berbagai cita-cita yang kelak akan diraih oleh masing-masing anak. (bah)