Selasa, 23 Maret 2010

Kastorius: Ulah Susno Membuat Polri Sangat Terpukul


JAKARTA - Penasihat ahli Kapolri, Prof Kastorius Sinaga mengakui institusi Polri sangat terpukul akibat ulah mantan Kabareskrim Komjen Pol Susno Duadji yang menyulut kontroversi.

Menurut Kastorius, ulah Susno yang membuat insitusi Polri sangat terpukul, yakni Susno menjadi saksi di sidang Antasari Azhar tanpa izin, pengakuan adanya SMS ancaman pembunuhan yang diduga melibatkan Susno sendiri, serta tudingan Susno kepada sejumlah petinggi Polri terlibat praktik makelar kasus pajak. "Bukannya terpukul lagi. Justru menggangu kinerja Polri," kata Kastorius Sinaga kepada Persda Network, Jakarta, Selasa (23/3/2010).

Bahkan, Kastorius menyebut Susno lah penyebab Irjen Pol Nanan Soekarna yang saat itu menjabat Kadiv Humas dipindahkan ke Inspektorat Pengawasan Umum (Irwasum) Polri. Kastorius menyebut Nanan sebagai tumbal akibat ulah Susno. "Yang tidak terlibat justru kena dampaknya. Pak Nanan Sukarna justru jadi timbal. Kan waktu itu, Nanan langsung dipindahkan ke Irwasum," katanya.

Saat ini, akibat tudingan Susno adanya makelar kasus di tubuh Polri, sejumlah jenderal di Polri saling curiga dan tidak saling percaya. "Muncul ketidakpercayaan antar-jenderal, saling curiga. Sekarang, jadi tidak kondusif," ungkapnya.

Atas apa yang dilakukan Susno, Kastorius menyatakan bahwa itu tidak lebih hanya bertujuan untuk mencari dan mendapat dukungan publik terhadap dirinya. "Sekarang tinggal masyarakat yang menilai, apakah layak mendapat dukungan publik," katanya.(kps)