Selasa, 16 Maret 2010

Pemprovsu Sediakan Bibit Gratis untuk Penghijauan ; PWI Sumut Gelar Penghijauan Dalam Rangkaian HPN


Medan, Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprovsu) menyediakan bibit gratis bagi kelompok masyarakat yang ingin melakukan kegiatan penghijauan. Untuk tanaman buah-buahan dapat melayangkan surat permohonan ke Dinas Pertanian dan untuk jenis tanaman hutan ditujukan ke Dinas Kehutanan.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Provsu Drs H Eddy Syofian MAP menyampaikan hal itu pada kegiatan penghijauan yang digelar Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Cabang Sumut serangkaian peringatan Hari Pers Nasional (HPN) dan HUT ke-64 PWI 2010 tingkat Sumut di lahan perumahan PWI Sumut Jalan Meteorologi Gang Tawon Desa Sampali Kecamatan Percut Sei Tuan Kabupaten Deliserdang, Sabtu (13/3).

Hadir ketika itu Ketua PWI Cabang Sumut HA Muchyan AA beserta para pengurus, Ketua Serikat Penerbit Suratkabar (SPS) Sumut M Zaki Abdullah, sejumlah Pemimpin Redaksi media massa, Anggota DPRD Deliserdang dari Komisi A Rahmatsyah, Kepala Desa Sampali Sri Astuti, Ketua PWI Perwakilan Deliserdang Henri Simon Matondang beserta pengurus dan ratusan anggota PWI Sumut.

Menurut Eddy Syofian, penyediaan bibit gratis dari Pemprovsu tersebut maupun yang disediakan Dinas Pertanian dan Kehutanan Kabupaten/Kota setempat sebagai upaya mendorong kelompok masyarakat untuk lebih menggiatkan kegiatan penghijauan di lingkungan masing-masing maupun di lahan-lahan kritis sasaran penghijauan.

"Dengan gerakan penghijauan yang meluas diharapkan upaya melestarikan lingkungan yang asri dapat memberi kontribusi menyelamatkan bumi dari efek pemanasan global. Sekaligus dapat mewariskan lingkungan yang berdayaguna bagi kelangsungan kehidupan anak cucu," kata Eddy Syofian.

Gerakan penghijauan yang dilakukan PWI Sumut serangkaian peringatan Hari Pers Nasional (HPN) dan HUT ke-64 PWI 2010 tingkat Sumut tersebut, menurut Eddy Syofian, menjadi kepedulian yang patut dicontoh kelompok masyarakat lainnya. Dengan demikian, upaya penyelamatan bumi dari perubahan iklim yang ekstrim dapat diminimalisir.

Manfaatkan Lahan

Sementara Ketua PWI Cabang Sumut HA Muchyan AA memberi apresiasi tinggi kepada pihak panitia di tingkat PWI Sumut maupun panitia lokal PWI Deliserdang yang memilih momen peringatan Hari Pers Nasional (HPN) dan HUT ke-64 PWI 2010 tingkat Sumut dengan kegiatan penghijauan.

Terkait keberadaan lahan PWI Sumut seluas 14,7 hektar di Desa Sampali Kecamatan Percut Sei Tuan Kabupaten Deliserdang, Muchyan mengajak anggota PWI sebagai pemilik lahan agar segera memanfaatkan lahan. Jika belum memiliki dana yang cukup untuk membangun rumah, dapat ditanami terlebih dahulu dengan berbagai jenis tanaman produktif. Sehingga efektivitas lahan yang terkesan terlantar dapat dimanfaatkan secara maksimal.

Sebelumnya Ketua Panitia Drs M Syahrir menjelaskan, kegiatan penghijauan yang dilakukan PWI Sumut melalui panitia lokal PWI Perwakilan Deliserdang merupakan salah satu dari agenda serangkaian peringatan HPN dan HUT ke-64 PWI tahun 2010 tingkat Sumut.

Peringatan Hari Pers Nasional (HPN) dan HUT ke-64 PWI 2010 tingkat Sumut tersebut ditandai pemotongan nasi tumpeng, penyerahan bibit kepada para anggota PWI dan perwakilan siswa yang hadir, dan penanaman bibit di lokasi lahan. Acara diselingi ramah-tamah. Sembari menikmati jagung, pisang dan kacang rebus, hadirin juga disuguhi hiburan musik. (rel/ans)