Senin, 22 Maret 2010

Serentak, PKS Berunjuk Rasa Solidaritas untuk Palestina


Jakarta - Setelah berunjuk rasa di Jakarta, Sabtu pekan lalu, secara besar- besaran, kader dan simpatisan Partai Keadilan Sejahtera kembali berunjuk rasa serentak di sejumlah daerah, Minggu (21/3). Mereka menyatakan solidaritas kepada warga Palestina yang menolak pembangunan permukiman Yahudi di Jerusalem.

Di Jakarta, unjuk rasa dipusatkan di Monumen Nasional (Monas) dan Bundaran Hotel Indonesia. Mantan Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Hidayat Nur Wahid yang menjadi pembicara terakhir dalam orasi di Monas, menyatakan sikap PKS. ”Mari kita ajak seluruh masyarakat untuk ikut mendukung perjuangan rakyat Palestina mempertahankan Masjid Al- Aqsha dari cengkeraman zionis Israel,” kata Hidayat,

Unjuk rasa dilanjutkan hari Minggu di daerah-daerah. Ratusan kader PKS Maluku, misalnya, berunjuk rasa di depan Masjid Al-Falah, Ambon. Setelah berunjuk rasa selama hampir satu jam di tempat itu, mereka berjalan kaki ke Kantor DPD PKS Ambon di kawasan Batu Merah. Selain berorasi, mereka juga menjaring pengumpulan dana untuk diserahkan kepada warga Palestina sebagai bentuk dukungan.

Ketua Majelis Pertimbangan Wilayah PKS Maluku Sudarmo mengatakan, unjuk rasa itu dilakukan untuk membuka mata warga Ambon terkait dengan adanya penjajahan yang dilakukan oleh Israel.

”Jangan sampai isu besar, seperti kasus Bank Century, makelar kasus di kepolisian, dan rencana kedatangan Presiden Obama, menutup fakta adanya penjajahan yang dilakukan Israel terhadap Palestina,” ujarnya.

Di Tegal, Jawa Tengah, ratusan anggota dan simpatisan PKS dari Kota Tegal, Kabupaten Tegal, dan Brebes berunjuk rasa di Alun- alun Kota Tegal, kemarin.

Dalam unjuk rasa tersebut, massa membakar bendera Israel. Mereka juga melakukan aksi seni (happening art), dengan melempari manusia kera yang menggambarkan sosok bangsa Yahudi. Selanjutnya, peserta unjuk rasa berjalan kaki mengelilingi sejumlah ruas jalur utama Kota Tegal, sepanjang sekitar 2 kilometer. Mereka membagikan bunga sebagai wujud solidaritas terhadap warga Palestina serta menggalang bantuan dana dari masyarakat untuk disalurkan kepada warga Palestina.

Pejabat Sementara Ketua DPD PKS Kota Tegal Amiruddin menyampaikan pernyataan sikap yang mewakili peserta unjuk rasa. Menurut Amiruddin, DPD PKS tiga daerah (Kota Tegal, Kabupaten Tegal, dan Brebes) mengutuk tindakan pembantaian Israel terhadap penduduk Gaza di Palestina, yang mengakibatkan ratusan orang tewas dan ribuan orang luka-luka. (APA/WIE/kps)